Perwira Teteskan Air Mata Lepas Kepergian AKBP Bayu lalu Tersenyum Sambut AKBP Teddy

Perwira Teteskan Air Mata Lepas Kepergian AKBP Bayu lalu Tersenyum Sambut AKBP Teddy

Upacara Pedang Pora mengiringi acara pisah sambut Kapolres Pasuruan.--

PASURUAN, MEMORANDUM -Upacara pedang pora dan tetesan air mata mewarnai pisah sambut Kapolres Pasuruan di halaman Makopolres pada Kamis, 1 Februari 2024. Sejak pukul 07.30 WIB, para personil Polres dan Polsek jajaran sudah berkumpul di halaman. Mereka menyambut Kapolres lama, AKBP Bayu Pratama Gubunagi bersama istri dan Kapolres Pasuruan yang baru, AKBP Teddy Chandra bersama istri yang juga sebagai Ketua Cabang Bhayangkari. 

Kedatangan keduanya disambut oleh Wakapolres Kompol Hari Azis. 

Setelah upacara penyambutan dan gelar pasukan, dua Kapolres ini melakukan ramah tamah di ruangan. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan foto AKBP Bayu Pratama sebagai tanda pernah bertugas sebagai Kapolres Pasuruan. Saat ini, AKBP Bayu bertugas sebagai Kapolres Jember.

BACA JUGA:PGRI Deklarasikan Netralitas ASN Guru Kabupaten Pasuruan

"Mudah-mudahan nanti cepat menyusul seperti diatasnya, Bang," ujar AKBP Bayu saat memasang fotonya kepada AKBP Teddy Chandra sambil melirik foto Kapolres Pasuruan diatasnya yang sudah berpangkat dua bintang di pundaknya. 

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Silaturahmi ke Ulama, Ketua MUI: Tolak Kampanye Hitam

Spontan, ungkapan AKBP Bayu diaminkan oleh seluruh yang hadir di lokasi Mapolres atas lantai 2. 

Selanjutnya momen yang ditunggu telah tiba. Yakni prosesi pedang pora dan jejer kehormatan. AKBP Teddy Chandra dan istri sempat mengalungkan untaian bunga melati kepada AKBP Bayu dan istri. Kedua Kapolres inipun berjalan melewati pedang pora satu persatu. Selanjutnya, Kapolres Bayu kemudian menyalami sambil memeluk erat satu persatu Perwira dan jajaran Kapolsek yang sudah lama ia kenal. Momen inilah yang kemudian membuat beberapa perwira tak kuasa menitikkan air mata. "Terus terang, saya ndak kuat. Saya melihat sosok beliau pemimpin yang ramah, sabar tapi tetap tegas," ujar AKP Suprianto, Kapolsek Pasrepan. 

Hal senada juga dialami Kaur Regident Satlantas Polres Pasuruan, Iptu Moh Akrom. Bahkan, Akrom usai memeluk AKBP Bayu sampai menyeka kedua matanya dengan sapu tangan. "Jiwa pemimpinnya yang seperti keluarga. Kami merasa bukan seperti atasan bawahan. Tapi seperti keluarga," cetusnya sambil terisak. 

Baik AKP Suprianto maupun Akrom serta personil Polres lainnya berharap Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra juga mampu membawa nakhkoda Polres Pasuruan seperti keluarga sendiri. "Saya pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil Polres Pasuruan, seluruh elemen masyarakat atas kerjasamanya selama ini. Dan kami mohon maaf atas kekhilafan yang mungkin sengaja atau tidak yang pernah kami lakukan. Kami mohon pamit melanjutkan karir dan tugas di Jember," ujar AKBP Bayu Pratama.

Setelah melepas AKBP Bayu dengan tetesan air mata, para perwira langsung tersenyum saat menyambut AKBP Teddy Chandra. Mereka pun memberi hormat pada Kapolres Pasuruan yang baru itu.  Kepada awak media, AKBP Teddy Chandra mengatakan puji syukur kepada Allah SWT karena hari ini dan kemarin acara sertijab berjalan lancar. "Dan kami bertugas di Pasuruan ini adalah suatu anugerah dan kebahagiaan bagi kami. Kami mohon dukungan kepada seluruh personil dan seluruh elemen masyarakat agar kami mampu bersinergi dan melanjutkan program yang sudah dijalankan di Polres Pasuruan ini," tegas AKBP Teddy.

Soal program terdekat yang mau dijalankan adalah agenda Pemilu 2024. Pihaknya akan melakukan koordinasi dan menjalankan tahapan tahapan pemilu sesuai tupoksinya. "Jadi mohon doa dan dukungannya, semoga pemilu aman, lancar dan kami bisa menjaga amanah sebagai Kapolres Pasuruan dengan baik," cetusnya. (mh)

Sumber: