Gelapkan Mobil Rental, Warga Pulo Wonokromo Diborgol

Gelapkan Mobil Rental, Warga Pulo Wonokromo Diborgol

Kapolsek Sawahan Kompol Domingos Ximenes menunjukkan tersangka dan barang bukti.-Rio-

SURABAYA, MEMORANDUM - Achmad Soleh (23) dibekuk anggota Reskrim Polsek Sawahan di rumahnya di Jalan Pulo Wonokromo

Penangkapan dilakukan setelah tersangka terlibat penggelapan mobil rental Suzuki Ertiga nopol L 1171 SI, di Jalan Mayjen Sungkono, milik korban, Ika (45), warga Jalan Wonokitri. 

Atas perbuatannya itu, tersangka kini mendekam di tahanan Polsek Sawahan. Sedangkan mobil milik korban ditemukan polisi di Bangkalan, Madura. 

"Rencananya mobil rental akan digadaikan oleh tersangka, namun kami gagalkan lebih dulu," kata Kapolsek Sawahan Kompol Domingos Ximenes, Rabu 31 Januari 2024.

BACA JUGA:Polsek Sawahan Ungkap Kasus Curanmor

Informasi yang dihimpun, kejadian bermula Soleh menyewa mobil rental korban selama tiga hari dengan alasan akan dipakai ke Bandung.

Namun setelah batas sewa berakhir, tersangka tidak kunjung mengembalikan mobil. Pihak rental lalu mengonfirmasi via HP.  

"Kepada pihak rental, tersangka beralasan kalau orang tuanya lagi sakit. Kemudian waktu sewa diperpanjang selama 10 hari, tapi tetap tidal ada kabar," jelas Domingos. 

Merasa ada yang tidak beres, pihak rental lalu mengecek keberadaan mobil melalui GPS (Global Policy and Strategy). Diketahui posisinya tidak bergerak di daerah Madura. 

BACA JUGA:Polsek Sawahan Gelar Jumat Curhat di Masjid Baiturrohman Pakis Wetan

Selanjutnya, pihak rental mengecek ke alamat sesuai dengan posisi GPS. Dan sampai di sana mobil ditemukan terparkir di rumah teman Soleh, sedangkan temannya itu tidak ditemukan. "Ternyata, tanpa sepengetahuan pihak rental, mobil dipindah tangankan kepada orang lain,” jelas Domingus.

Dikarenakan pihak rental kawatir kemudian melapor ke Mapolsek Sawahan. Setelah menerima laporan ditindaklanjuti oleh anggota opsnal Polsek Sawahan dengan meringkus Soleh di rumahnya di Jalan Pulo Wonokromo.

“Unit mobil akhirnya dapat ditemukan, namun terduga pelaku (teman Soleh), yang menguasai unit mobilnya di daerah Madura itu kabur melarikan diri ketika kami datang," tandas Domingus.

Sementara itu, Soleh mengaku mobil rental tersebut hendak digadaikan ke orang lain. Apabila pihak rental diminta mengembalikan, dia selalu beralasan masih di luar kota. "Rencananya akan saya gadaikan dan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari Pak,” terang Soleh.(rio)

Sumber: