Pemkot Batu Pastikan Kebutuhan Dasar Warga Miskin Telah Tercukupi

Pemkot Batu Pastikan Kebutuhan Dasar Warga Miskin Telah Tercukupi

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berkunjung ke rumah warga miskin Kota Batu-Biro Malang-

BATU, MEMORANDUM - Berdasarkan hasil kunjungannya selama bulan Januari 2024 ke rumah warga yang kurang beruntung. Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memastikan bahwa kebutuhan dasar warga miskin telah tercukupi.

Kebutuhan dasar warga miskin itu meliputi pangan, kesehatan, pendidikan, air bersih dan sanitas, perumahan layak serta pekerjaan.
Pj Wali Kota menyampaikan saat ini kondisi warga miskin di Kota Batu cenderung lebih homogen. Dalam pengertian tidak terlalu para dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tentunya, kondisi ini lebih memudahkan dalam penentuan kebijakan untuk pengentasan kemiskinan," terangnya, Rabu 31 Januari 2024.

Menurut Aries, kondisi warga miskin tidak separah daerah lain. Maka, dirinya menekankan sinergitas dan kolaborasi seluruh elemen masyarakat tetap harus dilakukan. Baik dari jajaran Forkopimda, pengusaha serta pemerintah desa/kelurahan. Terutama untuk mengembangkan pariwisata pertanian dan UMKM.

BACA JUGA:BPN Serahkan 40 Sertifikat Tanah Jalan Milik Pemkot Batu

“Kami berharap, sinergitas dan kolaborasi bisa terus ditingkatkan. Baik jajaran pemerintah, DPRD, Forkopimda, pengusaha hingga pemerintah desa dan kelurahan agar memiliki tujuan yang sama. Yakni mengembangkan tiga sektor unggulan Kota Batu pariwisata, pertanian dan UMKM,” tuturnya.

Termasuk juga terus meningkatkan fasilitas dan infrastruktur pariwisata, memberikan bantuan kelompok tani dan juga memfasilitasi pengembangan UMKM agar naik kelas. Baik melalui permodalan, pelatihan dan pendampingan agar produk yang dihasilkan lebih berkualitas.

"Warga miskin memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk mencapai standar hidup yang layak. Kebutuhan pangan, akses terhadap makanan yang bergizi dan aman adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi," paparnya.

Bantuan pangan, program pangan subsidi, akses ke pasar yang terjangkau dan pendidikan gizi, menurutnya merupakan hal-hal yang penting bagi warga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

BACA JUGA:Pemkot Batu - Taspen Sinergi Perbaikan Pelayanan Pegawai & Pensiunan ASN

Kemudian akses terhadap layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas merupakan kebutuhan dasar yang vital. Ini mencakup akses ke obat-obatan, pelayanan kesehatan masyarakat, imunisasi, perawatan serta upaya pencegahan penyakit.

Selanjutnya, pendidikan yang berkualitas, memberikan warga miskin kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan keluar dari lingkaran kemiskinan. Bantuan pendidikan, akses ke sekolah yang berkualitas dan program beasiswa sangat penting untuk warga miskin.

Selain itu, akses terhadap air bersih, sanitasi yang layak dan fasilitas mandi merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Hal ini penting untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Tempat tinggal yang layak dan aman adalah kebutuhan dasar yang juga harus dipenuhi. Program perumahan sosial atau subsidi perumahan dapat membantu warga miskin mendapatkan akses ke tempat tinggal yang layak.

Sumber: