Awal Tahun 2024, Kapal Pesiar Mulai Kunjungi Tanjung Perak

Awal Tahun 2024, Kapal Pesiar Mulai Kunjungi Tanjung Perak

Para wisatawan turun dari kapal pesiar MV Aidabella di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, mendapat sambutan Reog Ponorogo.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - Mengawali 2024, Pelindo Sub Regional 3 Jawa mendapat kunjungan kapal pesiar MV Aidabella yang perdana sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa, 30 Januari 2024. 

Kedatangan kapal pesiar ini kembali menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata untuk Surabaya dan sekitarnya.

BACA JUGA:Tahun 2024, Kunjungan Kapal Pesiar di Tanjung Perak Diprediksi Naik 3 Kali Lipat

Kapal pesiar yang sebelumnya sandar di Pelabuhan Singapura ini menempuh waktu 18 jam untuk tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kapal Pesiar MV Aidabella sandar di Teminal Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa, 30 Januari 2024 pukul 00.14 WIB. 

Hal ini disebabkan karena terdapat seorang penumpang yang mengalami keadaan darurat akibat alergi obat dan membutuhkan pertolongan untuk segera dibawa ke rumah sakit. 

BACA JUGA:Tahun 2024, Pelindo Prediksi 52 Kapal Pesiar Sandar di Benoa

Tim Pelindo Sub Regional Jawa bersama tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan sigap mengevakuasi penumpang tersebut dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC). Penumpang berhasil diselamatkan dengan mendapatkan perawatan intensif.

Kapal pesiar berbendera Italia dengan GRT (Gross Tonnage) 69,20 ton dan LOA (Length Over All) 251.89 meter ini membawa 2.005 penumpang dan 624 kru kapal. 

BACA JUGA:Tingkatkan Sektor Pariwisata, 15 Kapal Pesiar Siap Sandar di Tanjung Perak

Dhany Rachmad Agustian, General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa mengatakan, bahwa  kapal pesiar MV Aidabella dari Singapura dan akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Lembar, Lombok  Nusa Tenggara Barat.

Dhany menambahkan, hingga saat ini sudah terdapat 14 slot kunjungan kapal pesiar yang rencananya akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada 2024. Pelindo Sub Regional 3 Jawa pun semakin gencar dalam mempersiapkan segala fasilitas pendukung untuk menyambut kedatangan kunjungan kapal pesiar nanti.

Ali Sodikin, Sub Regional Head Jawa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional 3 Jawa turut memberikan cendera mata dan menyematkan udeng khas Jawa Timur serta melakukan pengalungan bunga kepada Capt Patrick.

BACA JUGA:Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, 1 Kru Kapal Pesiar MS Genting Dream Meninggal 

Ali Sodikin mengucapkan selamat datang serta menjelaskan seputar wisata dan tempat-tempat ikonik di Kota Surabaya. 

Sumber: