Tahun 2024, Pj Wali Kota Batu Optimistis Kunjungan Wisatawan Meningkat

Tahun 2024, Pj Wali Kota Batu Optimistis Kunjungan Wisatawan Meningkat

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.-Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Kunjungan wisatawan ke Kota Batu mengalami peningkatan. Berdasarkan perhitungan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, menyebutkan awal Desember 2023, jumlah kunjungan mencapai 9,4 juta orang. Ini hasil sementara, belum dihitung hingga akhir tahun.

BACA JUGA:Jabatan Diperpanjang, Pj Wali Kota Batu Komitmen Kawal Program Strategis

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan hasil perhitungan kunjungan wisata tersebut belum termasuk pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

BACA JUGA:Gubernur Jatim Serahkan SK Mendagri Perpanjang Jabatan Pj Wali Kota Batu

“Kalau dihitung secara global kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Batu 2023 kemarin bisa mencapai 10 juta. Saya yakin itu. Karena, disparta belum menghitung secara keseluruhan total semuanya,” terangnya.

Hasil hitungan jumlah kunjungan wisatawan itu, menurutnya yang menjadi pekerjaan rumah (PR), yaitu pada 2024 dapat membangkitkan semangat agar kunjungan wisatawan meningkat.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Resmikan Gedung Depot Arsip

“Target kunjungan wisatawan pada 2024 ini antara 11 sampai 12 juta orang. Makanya, harus ada program yang menguatkan pariwisata kita. Sehingga, target kunjungan wisatawan di atas target tahun 2023,” terangnya.

Aries menjelaskan dalam penguatan itu harus ada program baru bukan program sebelumnya. Antara lain, penguatan di kampung tematik bisa jalan, kemudian geliat UMKM.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Aries Agung Siap Dukung Kegiatan DiLA

“Dari program baru yang dikuatkan sektor pariwisata. Tentunya, ini diharapkan bisa meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah, red),” jelasnya.

Bahkan, dirinya menilai keberadaan Pasar Induk Among Tani yang dikelola diskumdag menjadi potensi peningkatan kunjungan wisatawan dengan konsep wisata belanja.

BACA JUGA:Makan Bersama dengan Tenaga Kebersihan, Pj Wali Kota Batu Janjikan Hadiah Umrah

Harapannya, semua OPD Pemkot Batu untuk segera membuat program meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Dengan target kunjungan wisatawan 11 sampai 12 juta orang tahun 2024 ini. Dengan perhitungan itu semakin banyak program yang dikemas. Pastinya, dengan cara itu semakin banyak tamu yang datang ke Kota Batu,” harapnya. (*)

Sumber: