Kodim Jember Proaktif Jaga Ketahanan Pangan dalam Perbaikan Saluran Irigasi Pertanian

Kodim Jember Proaktif Jaga Ketahanan Pangan dalam Perbaikan Saluran Irigasi Pertanian

Babinsa Serda Hartono, turut serta membantu perbaikan pasang batu-bata bersama petani.-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Mengoptimalkan irigasi pertanian, sehingga produksinya lancar, saluran irigasi yang tembok plengsengannya jebol dilakukan perbaikan oleh warga Dusun Langsepan, Desa Rowoindah, Kecamatan Ajung melalui kerja bakti gotong royong pada Sabtu 20 Januari 2024.

Kegiatan dihadiri Kepala Desa Rowoindah Rudi Hartono, Babinsa Serda Hartono, perangkat desa dan warga masyarakat sebanyak 15 orang, dengan sasaran perbaikan tanggul atau plengsengan yang jebol, dalam normalisasi pengairan irigasi.

Menurut Danposramil 0824/29 Ajung Peltu Subaidi mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa bersama warga tersebut dalam menormalisasi irigasi persawahan, tanggul yang jebol sepanjang 10 meter baik sisi kiri maupun sisi kanannya.

"Saluran irigasi tersebut berpotensi mengairi sawah ratusan hektar yang tersebar di Desa Rowo Indah disepanjang aliran irigasi tersebut," jelas Danposramil. Minggu 21 Januari 2024.

BACA JUGA:Prajurit Kodim Jember Serang Balik Sarang Nyamuk Aedes Aegypti

Menyikapi kegiatan jajarannya tersebut Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso dalam konfirmasinya menyampaikan, "Saya sangat mendukung kegiatan tersebut disamping dalam memotivasi kegotongroyongan warga, berpotensi mengoptimalkan produksi pertanian, dalam penguatan ketahanan pangan," jelasnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya dalam hal ketahanan pangan. Dengan adanya perbaikan saluran irigasi ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat. (edy)

Sumber: