Pj Wali Kota Aries : Kita Ingin Pemilu 2024 Lancar, Aman dan Damai

Pj Wali Kota Aries : Kita Ingin Pemilu 2024 Lancar, Aman dan Damai

Pj Walikota Batu bersama Forkopinda, KPU dan Bawaslu menguatkan koordinasi menyuskseskan Pemilu 2024.--

BATU, MEMORANDUM-Pemkot Batu bersama Forkopimda menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu 2024, di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa, 16 Januari 2024.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berharap Pemilu 2024 berlangsung sukses. “Pertemuan ini kita berharap pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Batu berjalan lancar, aman serta damai,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 150 peserta, terdiri dari unsur penyelenggara dan pengamanan Pemilu 2024 yaitu Camat, Lurah, Kepala Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua PPK, Ketua Panwascam dan Ketua PPS se-Kota Batu.

BACA JUGA:Rapat Paripiurna DPRD Kabupaten Malang: Selalu Jadi Temuan BPK, 2 Perda Dicabut

Menurutnya, poin penting dalam pertemuan ini adalah harapan adanya peningkatan jumlah partisipasi masyarakat yang ikut meramaikan pesta demokrasi. Peningkatan jumlah partisipasi masyarakat ini sangat penting, mengingat salah satu indikator keberhasilan Pemilu adalah tingginya angka partisipasi masyarakat.

BACA JUGA:Forkopimda Kota Malang, Deklarasi Damai Pemilu 2024

“Salah satu poin penting dalam pertemuan ini adalah bagaimana kita meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 sebagai salah satu indikator keberhasilan Pemilu,” katanya.

Oleh karena itu, perlunya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat memiliki kesadaran untuk datang ke TPS dan memberikan partisipasinya saat Pemilu.

Pj Aries menambahkan peran unsur penyelenggara dan pengamanan untuk bersama-sama mencegah atau mengantisipasi menyebarnya berita hoax.

“Saat ini, berbagai macam informasi masuk ke HP kita. Dan informasi hoax sangat berpengaruh kepada masyarakat. Oleh karena itu, bagaimana kita bersama, kecamatan, kelurahan dan desa, untuk berperan selama pelaksanaan Pemilu yang minim pelanggaran,” terangnya.

Diharapkan, Camat juga berperan aktif dan selalu melakukan pengawasan hingga ke tingkat desa dan kelurahan untuk melakukan antisipasi munculnya hal-hal yang tidak diinginkan.

Aries mengharapkan jumlah pemilih pemula di Kota Batu semakin meningkat. Salah satu yang dapat dilakukan dengan melakukan perekaman KTP bagi siswa di sekolah yang telah berusia 17 tahun.

“Pemilih pemula kita yang ada di sekolah berjumlah 1.869 orang, namun yang melakukan perekaman masih sekitar 814 orang. Saya meminta agar kita aktif melakukan perekaman KTP sehingga ada peningkatan jumlah pemilih pemula di Kota Batu,” harapnya.

Pj Wali Kota Batu menyampaikan terima kasih pada Forkopimda dan seluruh peserta kegiatan ini serta mengajak mengajak bersiap dan terlibat aktif menjelang dan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Batu.

Sumber: