Inilah 5 Makanan yang Kaya Asam Folat untuk Ibu Hamil

Inilah 5 Makanan yang Kaya Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil--

SURABAYA, MEMORANDUM - Folat atau yang juga dikenal sebagai vitamin B9 terlibat dalam banyak proses biologis tubuh. Asupan ini berperan dalam sintesis DNA, pembelahan sel, dan pembentukan sel darah merah. 

Asam folat juga penting dikonsumsi selama kehamilan karena peran pentingnya dalam membentuk tabung saraf bayi. Nutrisi ini bisa ibu temukan dalam berbagai jenis makan, salah satunya sayuran berdaun hijau.

BACA JUGA:Jarang Disadari! Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Dapat Mengatasi Kram

Berikut Makanan Tinggi Asam Folat untuk Ibu Hamil

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu sumber folat yang sangat baik. Persentase asam folatnya akan tergantung dari jenis dan berapa banyak yang ibu konsumsi dalam per hari.

Tak hanya mengandung folat, kacang-kacangan juga merupakan sumber nutrisi lain, seperti protein, serat, dan antioksidan, serta mikronutrien, seperti kalium, magnesium, dan zat besi.

BACA JUGA:Inilah 5 Amalan Ibu Hamil dan Kumpulan Doa-doa Saat Kehamilan yang Bisa Diamalkan

2. Asparagus

Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Terlebih lagi, sayuran ini adalah sumber serat yang menyehatkan jantung dan mampu memenuhi hingga 6% kebutuhan serat harian tubuh.

3. Telur

Menambahkan telur ke dalam menu makanan harian menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan asupan asam folat. Di dalam satu butirnya mengandung 22 mcg folat, atau sekitar 6% dari DV.

Telur juga kaya akan protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12. Selain itu, makanan ini juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula.

BACA JUGA:Inilah 9 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Pekembangan Janin

BACA JUGA:Berikut Ini 5 Faktor Pendukung Mendapatkan Anak Kembar

4. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan arugula mengandung rendah kalori, tetapi kaya akan banyak vitamin serta mineral penting, termasuk asam folat.

5. Buah bit

Selain kandungan asam folat, buah bit juga kaya akan nitrat. Senyawa tanaman ini berguna untuk menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4–5 mmHg, pada orang dewasa dengan kesehatan yang normal.

Sumber: