Kedepan Polres Malang Bakal Memiliki Dua Satpas

Kedepan Polres Malang Bakal Memiliki Dua Satpas

Satpas prototype Tegaron Polres Malang.--

MALANG, MEMORANDUM-Tinggal selangkah lagi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) prototype Polres MALANG akan beroperasi melayani pembuatan SIM. Satpas terletak di Dusun Tegaron Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten MALANG.

"Rencananya Senin (15/1) pihak Telkom sebagai penyedia jaringan akan survei lokasi," terang, AKP Adis Dani Garta Kasatlantas Polres Malang, Jumat, 12 Januari 2023.

BACA JUGA:Patwal Polresta Malang Beri Pengawalan Pasien

Karena pada dasarnya Satpas Prototype Tegaron kesiapannya, sudah mendekati sempurna. Baik perangkat lunak maupun kerasnya. Hanya tinggal menunggu jaringan atau Jalur yang diberikan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia ( Korlantas) RI untuk mengoperasikan Satpas tersebut.

BACA JUGA:Terapis Pijat di Malang Mutilasi Tubuh Pasien Butuh 8 Jam

Pihak Korlantas sudah berkirim surat rekomendasi pada Telkom pusat, tinggal tindak lanjut Telkom Malang untuk melakukan peninjauan lokasi. Hal itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti, berapa besaran jaringan yang dibutuhkan dan bagaimana kesiapan perangkat yang bakal dipakai untuk melakukan pelayanan.

"Jika nantinya Satpas Tegaron itu beroperasi merupakan, Satpas Prototype ke 11 diJawa Timur," kata Adis.

Namun apa yang ada di Polres Malang, berbeda dengan 10 Satpas yang mendahului. Karena Satpas Tegaron ini merupakan Satpas baru, bukan Satpas lama terus ditingkatkan. Karena Satpas lama yang ada di kecamatan Singosari, akan tetap melayani namun bagi warga Malang utara. Sementara Satpas Prototype Tegaron akan dipakai untuk melayani pemohon SIM bagi warga Malang Selatan.

Antara Satpas Singosari dan Satpas Tegaron jauh berbeda, dimana untuk Satpas Singosari tidak secara penuh berbasis IT. Sedangkan untuk Satpas Tegaron nanti semua sekitar 70% berbasis IT, mulai dari pemohon melakukan pendaftaran hingga sampai dengan proses pembuatan SIM bagi pemohon yang telah lulus ujian.

"Meski sarana prasarannya sudah selesai secara penuh, namun masih harus menunggu jalur jaringan dari Korlantas Mabes Polri," imbuh Adis.

Hal itu dilakukan Polres Malang sebagai bentuk peningkatan pelayanan Polres Malang bagi warga Malang Selatan. Sesuai dengan atensi dari Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, dalam usahanya meningkatkan pelayanan untuk warga kabupaten Malang.

Nantinya Polres Malang akan memiliki dua jalur jaringan, yang terkoneksi dengan Korlantas untuk penerbitan SIM. Berbeda dengan wilayah Polres Lain, hanya memiliki satu jalur jaringan ke Korlantas untuk penerbitan SIM.

Sebagai informasi nantinya Pihak Satlantas  Polres Malang, bakal menempatkan sebanyak 12 personil yang paham dalam IT. Sedangkan untuk wilayah Polda Jatim sudah ada 10 Satpas Prototype beroperasi yaitu: Polresta Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Mojokerto, Polres Situbondo, Banyuwangi, Pacitan, Tuban, Pamekasan dan Sumenep.

"Dalam waktu dekat akan disusul oleh Polres Malang, nantinya untuk personil setiap minggu akan dilakukan evaluasi dengan tujuan untuk semakin meningkatkan kinerja Satpas Prototype itu sendiri," tegas Adis. (kid)

Sumber: