Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Amankah?

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Amankah?

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Ada beragam cara yang dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Salah satu yang diperbincangkan dengan pasta gigi. Namun, secara medis, apakah penggunaan pasta gigi benar-benar efektif dan aman untuk mengatasi jerawat membandel?

Sebagai acne fighter, mungkin kamu sudah mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat tersebut. Mulai obat oles, perawatan kulit rutin, atau mungkin kamu pernah juga mencoba cara alternatif, seperti mengoleskan pasta gigi?

BACA JUGA:Inilah Solusi Tepat Hentikan Kebiasaan Memencet Jerawat

Cara yang sempat ramai diperbincangkan (mengoleskan pasta gigi ke jerawat, red) sempat menjadi tren di masyarakat, lho. Hal ini karena kandungan dalam pasta gigi dipercaya dapat membuat jerawat cepat kering.

BACA JUGA:Inilah 4 Makanan yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Keamanan Penggunaan Pasta Gigi untuk Jerawat

Tren mengoleskan pasta gigi ke jerawat ini sebenarnya banyak dilakukan karena bahan aktif yang terkandung di dalam pasta gigi dipercaya dapat mengempiskan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Salah satu kandungan tersebut adalah triclosan. Triclosan memiliki efek antiseptik yang mampu membunuh bakteri atau kuman. Namun, jika digunakan pada jerawat, ternyata kandungan ini tidak efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, lho.

BACA JUGA:Jerawat Batu: Penyebab, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya

Selain triclosan, pasta gigi juga mengandung baking soda, alkohol, dan hidrogen peroksida. Kombinasi bahan ini dipercaya mampu mengeringkan jerawat. Padahal, ketika dioleskan ke kulit wajah, terutama yang sedang berjerawat, bahan-bahan tersebut justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu iritasi.

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Meradang

Satu lagi bahan yang terkandung di dalam pasta gigi dan bisa memicu masalah baru di kulit adalah sodium lauryl sulfate (SLS). Pada beberapa orang dengan kulit yang sensitif, penggunaan pasta gigi pada kulit bahkan bisa menimbulkan luka bakar hingga memicu dermatitis kontak.

Jadi, apakah penggunaan pasta gigi aman dan efektif untuk mengatasi jerawat? Berdasarkan informasi di atas, maka jawabannya adalah tidak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari, mengoleskan pasta gigi pada kulit wajah.

Sumber: