Inilah 5 Amalan Ibu Hamil dan Kumpulan Doa-doa Saat Kehamilan yang Bisa Diamalkan

Inilah 5 Amalan Ibu Hamil dan Kumpulan Doa-doa Saat Kehamilan yang Bisa Diamalkan

ilustrasi amalan ibu hamil [email protected]

SURABAYA, MEMORANDUM - Kehamilan merupakan suatu anugerah yang harus dijaga dengan baik.  Tanggung jawab untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung adalah suatu kehormatan yang luar biasa. 

Dalam ajaran Islam, terdapat berbagai amalan dan doa yang dianjurkan bagi ibu hamil, guna memastikan kelahiran bayi yang sehat dan sempurna, serta memudahkan proses persalinan. 

BACA JUGA:Inilah Rumus Cara Menghitung Usia Kehamilan

BACA JUGA:11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Perlu Anda Ketahui, Apakah Anda Hamil?

Berikut adalah Amalan yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil :

  • Memperbanyak ibadah dan amal kebaikan 

Ibadah yang bisa dilakukan yaitu dengan berusaha mengerjakan segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya, memperbanyak amalan saleh, banyak bersedekah, juga melaksanakan shalat sunnah.

  • Membaca al Qur'an

Ibu hamil dianjurkan untuk selalu membaca Al-Quran dan kalau perlu memahami kandungannya. Hal ini bisa memberikan latihan ruhaniah kepada bayi dengan memperdengarkan firman Allah.

BACA JUGA:Jarang Disadari! Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Dapat Mengatasi Kram

  • Tidak Melewatkan Salat Wajib 

Salat menjadi perantara komunikasi antara umat muslim dengan Allah SWT. Saat mengandung, ada baiknya ibu selalu mengharap keselamatan dan kesehatan janin kepada Allah SWT ketika sedang beribadah.

  • Rutin Melakukan Ibadah Salat Sunah 

Memohon agar senantiasa dilingkupi kebaikan selama mengandung buah hati tercinta. Ibadah salat sunah juga akan terasa lebih bermakna bila disertai dengan memperbanyak istigfar setelah beribadah

  • Mengonsumsi Makanan dan Minuman Baik

Amalan ibu hamil tidak hanya sebatas doa dan ibadah, namun juga mengonsumsi makanan dan minuman sehat sesuai dengan sunnah Rasul. Contoh misalnya kurma, yaitu buah khas Timur Tengah ini menjadi kesukaan Rasulullah.

BACA JUGA:Mual dan Muntah Saat Hamil? Jangan Panik, Ini Solusinya

Berikut Adalah Doa-doa yang Bisa Diamalkan Ibu Hamil :

  • Memohon perlindungan dari gangguan setan dan jin

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Sumber: