KPU Kabupaten Pasuruan Tunggu Surat Suara DPR RI

KPU Kabupaten Pasuruan Tunggu Surat Suara DPR RI

Staf KPU mendata dan menghitung logistik Pemilu 2024 yang datang di gudang di Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Distribusi logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Pasuruan dirasa cukup aman dan lancar. Pihak KPU Kabupaten Pasuruan saat ini hanya menunggu beberapa logistik lagi. Yakni surat suara DPR RI, formulir, salinan DPT, dan alat bantu tuna netra

Zainul Faizin, Ketua KPU Kabupaten Pasuruan menyatakan, hampir seluruh logistik Pemilu 2024 sudah diamankan di gudang Katak Riang, Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek

BACA JUGA:KPU Kota Pasuruan Gelar Rapat Pleno Terbuka Pengambilan Nomor Urut

“Kalau yang besar hanya surat suara DPR RI saja yang belum datang. Kalau surat suara Presiden, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sudah lengkap,” cetus Faizin didampingi H Erik, komisioner KPU lainnya pada Jumat, 5 Januari 2024. 

Surat suara DPR RI berjumlah 1.236.739. Jumlah ini sudah include dengan tambahan 2 persen.  

BACA JUGA:KPU Kota Pasuruan Tetapkan Dua Paslon di Pilkada 2020

Ia belum memastikan kapan surat suara DPR RI itu akan datang. Pihaknya menunggu informasi dari pihak Provinsi Jawa Timur jika mereka akan mendistribusikan logistik ke daerah. Termasuk di Kabupaten Pasuruan. 

"Ya mudah-mudahan dalam beberapa hari ini sudah ada informasi tentang hal itu (surat suara DPR RI). Kalau yang lainnya sudah datang dan kami simpan di gudang," cetusnya.

Sementara untuk 26 item logistik lainnya, Faizin memastikan sudah datang dan diamankan di gudang. Mulai dari kotak suara, bilik suara hingga kelengkapan TPS (tempat pemungutan suara) seperti alat coblos, tinta, segel dan lainnya.

BACA JUGA:Peduli Nasib Tukang Becak, Paslon GIAT Daftar di KPU Kota Pasuruan Diantar Becak Wisata

Terhadap seluruh logistik yang disimpan, KPU meminta bantuan kepolisian terus memantau dan menjaga selama 24 jam sampai hari H pelaksanaan Pemilu 2024. 

"Kalau dari kepolisian setiap jam piket ada dua petugas. Ditambah dua sekuriti KPU dan petugas logistik KPU juga ada," terangnya. 

BACA JUGA:Diantar Ratusan Massa dan Ishari, Petahana Resmi Daftar ke KPU Kota Pasuruan

Seperti diketahui, jumlah kebutuhan kotak suara dan yang sudah diterima KPU Kabupaten Pasuruan, sama. Yakni sebanyak 22.573 buah. Lalu, 18.020 bilik suara. Lalu, 9.010 botol tinta celup, dan 433.114 buah segel. 

Sumber: