Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kehadiran nyamuk bisa membawa beragam penyakit, seperti demam berdarah, malaria, atau kaki gajah. 

Untuk mengurangi kehadiran nyamuk yang biasanya hanya dapat dibasmi dengan obat nyamuk berbahan kimia, ternyata ada tanaman yang dimana bisa mengusir datangnya nyamuk ke dalam rumah 

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Ini 8 Tips Jitu dan Aman Usir Nyamuk

Berikut Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk

1. Serai wangi

Serai wangi memiliki aroma yang segar bagi manusia, tetapi tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa Anda tanam langsung di pekarangan rumah.

2. Lavender

Tidak hanya harum dan indah dipandang mata, menanam bunga lavender di halaman rumah atau di dalam rumah pada pot bunga juga bisa mencegah nyamuk hadir di rumah Anda.

BACA JUGA:Gatal-Gatal Digigit Nyamuk? Inilah 5 Cara Ampuh Menghalau Nyamuk

3. Bawang putih

Bumbu dapur ini tidak hanya bermanfaat sebagai makanan dan obat herbal, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan juga sebagai bahan pembunuh jentik dan telur nyamuk.

4. Seledri

Selain bisa diolah menjadi bahan masakan, seledri merupakan tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah atau dalam pot. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak seledri sebanyak 5–25% ke kulit bisa mengusir nyamuk hingga 4,5 jam.

BACA JUGA:Kemenkes Minta Masyarakat Waspasai Gigitan Nyamuk DBD, Ganas di Suhu Tinggi

Sumber: