Polres Bangkalan Gelar Tradisi Kenaikan Pangkat 46 Anggota

Polres Bangkalan Gelar Tradisi Kenaikan Pangkat 46 Anggota

puluhan anggota Polres yang naik pangkat, serentak disemprot guyuran air di lapangan Wicaksana Laghawa-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Tradisi unik mewarnai upacara kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi periode 1 Januari 2024 bagi puluhan anggota Polres Bangkalan di lapangan Wicaksana Laghawa Mapolres setempat, Minggu 31 Desember 2023.

Disaksikan Wakapolres Jimmy Heryanto Hasiholan Manurung, para Kabag, Kasat, para Pejabat Utama (PJU) lainnya, serta Ketua Bhayangkari Ny Ayu Febri dan anggota, 46 personel Polres yang ketiban anugerah kenaikan pangkat, satu persatu dimandikan air kembang oleh  Kapolres.

Berikutnya,mereka kemudian dijejer dalam posisi telungkup/tiarap, lalu serentak diguyur siraman air deras dari mobil untit water canon Polres. Tak pelak lagi, mereka jadi basah kuyub bareng-bareng. Meski begitu mereka larut dalam suasana suka-cira.

”Ya, begitulah tradisi unik yang kadang diterapkan Polres Bangkalan ketika teman-teman anggota naik pangkat,” komentar Kasi Humas Iptu Risna Wijayati, yang juga naik pangat satu tingkat dari Ipda menjadi Iptu.

BACA JUGA:Ungkap 332 Kasus, Angka Kriminal Tahun 2023 di Wilayah Hukum Polres Bangkalan Turun 32 Persen

Siraman air kembang dan berlanjut pada guyuran air deras itu, lanjut Iptu Risna, merupaka simbol untuk menyucikan jiwa raga anggota Polri yag ketiban anugerah naik pangkat. Tradisi unik ini, sejak dulu memang kerap diterapkan di lingkup Polres Bangkalan.

Mengawali sambutan arahannya, AKBP Febri, sapaan akrab Kapolres, menyamopaikan ucapan selamat kepada anggota Polres yang ketiban anugerah kenaikan pangkat.” Karunia nikmat kenaikan pangkat dari Allah SWT ini wajib kita sykuri bersama,” kata AKBP Febri.

Kenaikan pangkat reguler ini diraih oleh para anggota, lanjut Kapolres, semata-mata merupakan penghargan atas pengabdian, dedikasi, loyalitas serta prestasi kerja anggota selama mengemban amanah tugas di lingkup Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Bagi semua personel yang baru saja naik pangkat, AKBP Febri berharap agar capaian prestasi tersebut dijadikan suar pemacu semangat untuk lebih menggelorakan dedikasi, loyalitas, serta etos semangat kerja anggota sebagai bagian dari keluarga besar Polri.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Gelar Doa Istikharah Pemilu Damai

“Terutama etos semangat untuk mendharma bhaktikan diri  sebagai pemegang amanah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat melalui layanan yang humanis dan presisisi. Itulah tugas utama anggota Polri yang harus kita pegang teguh bersama,” pesan AKBP Febri.

Pesan ini sudah barang tentu  tentu tidak hanya dialamatkan kepada puluhan anggota yang ketiban anugerah naik pangkat. Tetapi juga diamanatkan kepada seluruh anggota Polres dan Polsek jajaran yang tersebar di 17 kecamatan.

Prosesi upacara kenaikan pagkat ditutup dengan doa, kemudian berlanjut dengan acara tasyakuran yang  dihelat di aula gedung Wicaksana Laghawa.(ras)

Sumber: