7 Olahan Aci Menggugah Selera, Suka yang Mana?

7 Olahan Aci Menggugah Selera, Suka yang Mana?

Selain bisa digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan tradisional, aci juga bisa diolah menjadi berbagai jajanan modern yang lezat dan menggugah selera.-Pexel-

MEMORANDUM - Aci, atau tepung tapioka adalah bahan makanan yang serbaguna. Selain bisa digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan tradisional, Aci juga bisa diolah menjadi berbagai jajanan modern yang lezat dan menggugah selera.

Berikut ini adalah 7 olahan Aci yang wajib Anda coba:

1. Cireng
Aci digoreng atau yang lebih populer dengan Cireng ini terbuat dari adonan tepung Aci yang dicampur dengan air, bawang putih, dan daun bawang kemudian digoreng. Cireng biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu rujak.

Cireng memiliki tekstur yang renyah di luar dan kenyal di dalam. Dulu, Cireng umumnya dibentuk bulat pipih, namun kini Cireng dikreasikan dengan bentuk yang lebih besar dan bahkan memiliki isian. Anda bisa memilih sesuai selera, Cireng dengan bumbu rujak atau Cireng dengan isian ayam, abon, dsb.

2. Cimol
Cimol atau singkatan dari "Aci digemol" terbuat dari adonan tepung Aci yang direbus, lalu dibentuk bulat-bulat dan digoreng. Cimol biasanya disajikan dengan bumbu berwarna putih, kemudian ditambah dengan berbagai rasa sesuai selera seperti bubuk cabai atau keju.

Perpaduan tekstur kenyal dan lembutnya membuat Cimol banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa dan membuatnya menjadi salah satu jajanan jalanan yang populer di Indonesia.

3. Cilok
Jajanan Aci selanjutnya adalah Cilok. Bentuk Cilok terlihat mirip seperti bakso. Bedanya, Cilok terbuat dari adonan tepung Aci yang diisi dengan daging sapi, ayam, atau ikan. Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus sambal.

4. Baso Aci
Jika Anda pecinta bakso, Anda bisa mencoba baso Aci. Baso Aci adalah hidangan berkuah yang terbuat dari baso Aci, sukro cikur, cuanki kering, siomay kering, dan jeruk limau. Baso Aci biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi atau kuah rempah. Baso Aci memiliki tekstur yang kenyal dan gurih. Kuahnya yang hangat dan pedas semakin menambah kenikmatannya.

5. Cilor
Nama Cilor diambil dari singkatan "Aci telor". Cilor terbuat dari adonan tepung Aci yang direbus, lalu digoreng bersama telur. Cilor biasanya disajikan dengan bumbu bubuk pedas dan micin. Rasanya gurih dan pedas dari bumbu bubuk pedasnya.

6. Cilung
Cilung terbuat dari adonan tepung Aci yang direbus, lalu digulung, seperti namanya. Cilung biasanya disajikan dengan bumbu bubuk yang pedas. Namun jangan khawatir, apabila anda tak suka pedas, Cilung juga nikmat dinikmati dengan rasa gurihnya.

7. Cibay
Aci ngambay atau Cibay terbuat dari adonan tepung Aci yang dicampur dengan air, bawang putih, dan daun bawang. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng kering. Cibay bisa diberi isi sesuai selera seperti sosis, sayur, atau bakso.

Nah, itu dia 7 jajanan olahan Aci yang kenyal dan menggugah selera. Jajanan ini mudah dijumpai mulai di pedagang kaki lima. Cobalah yang paling sesuai dengan selera.

Selamat mencoba! (*)

Sumber: