Lupa Matikan Kompor, Dapur Kobong Sambar Dua Motor hingga Gosong

Lupa Matikan Kompor, Dapur Kobong Sambar Dua Motor hingga Gosong

Kebakaran sebuah rumah menjelang malam pergantian tahun mengagetkan warga Desa Glagahsari Kecamatan Sukorejo-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Lupa mematikan kompor gas, sebuah rumah di Sukorejo Kabupaten PASURUAN pada Minggu 31 Desember 2023 pukul 23.50 WIB membara. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun dua unit motor ikut terbakar.

Musibah kebakaran ini terjadi saat menjelang malam pergantian tahun di Dusun Glatik Desa Glagahsari Kecamatan Sukorejo. Rumah milik Yahsul (60), hampir habis terbakar jika tidak cepat diketahui oleh warga.

AKP Safiudin, Kapolsek Sukorejo mengatakan, kejadian kebakaran di rumah Yahsul berawal dari kompor gas yang berada di dapur yang lupa dimatikan atau ditinggal tidur.

Saat kejadian, diketahui api sudah menjalar ke atap bagian dapur. Nyala api yang sudah membara diketahui oleh salah satu tetangganya, yakni Fitroh (50). 

BACA JUGA:Amankan Malam Tahun Baru, Polres Pasuruan Gelar Patroli Skala Besar

Mengetahui api sudah terlihat membesar di bagian dapur, Fitroh segera memberitahu warga lainnya untuk membangunkan Yahsul beserta keluarganya yang sedang terlelap tidur.

Bersama dengan warga lainnya, Fitroh membantu untuk memadamkan api yang sudah membesar dengan alat seadanya. Namun bagian dapur yang terbuat dari kayu membuat api cepat merambat dan membesar. Hal ini diperparah lagi dengan sebuah kandang ayam yang berada di bagian belakang dapur yang juga ikut terbakar. 

Beruntung 30 menit kemudian, sebuah unit PMK milik PT HM Sampoerna yang dekat dengan lokasi kejadian segera datang membantu memadamkan api. Dan api sudah terlihat membesar membakar bagian dapur dan kandang ayam di belakang rumah yang terbuat dari kayu.

"Beruntung api diketahui tetangganya. Menurut keterangan dari tuan rumah bahwa ia tidur dan lupa mematikan kompor gas di dapur," kata Safiudin, Senin 1 Januari 2024.

BACA JUGA:Iri Hati Ingin Kuasai Harta, Pelaku Tega Bunuh Ibu dan Anak di Pasuruan

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Namun 2 unit motor Honda Beat nopol  N 4427 TDH dan W 4773 TAD yang berada di dapur ikut terbakar. Petugas belum bisa merinci kerugian korban Yahsul akibat dari kebakaran rumahnya. Diketahui Senin (1/1/24)  sekitar pukul 00.25 Wib, petugas PMK dari HM Sampoerna bisa menjinakkan si jago merah. "Kerusakan akibat kebakaran yang paling parah ada di bagian atap rumah. Karena api menjalar dari bagian dapur lalu ke bagian atap tengah rumah," pungkas Kapolsek.(kd/mh)

Sumber: