Mengenal Kamera Leica, Pernah Digunakan Untuk Mengabadikan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Mengenal Kamera Leica, Pernah Digunakan Untuk Mengabadikan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kamera Leica Pernah Digunakan Untuk Mengabadikan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kamera Leica merupakan singkatan dari Leitz Camera, didirikan oleh Oskar Barnack pada awal abad ke-20. Kamera Leica pertama kali diperkenalkan pada tahun 1925.

Dalam dunia fotografi, kamera Leica telah memenangkan hati fotografer profesional dan pecinta fotografi dengan desainnya yang khas, inovasi teknologi, dan kualitas gambar yang luar biasa.

Namun perlu diketahui bahwa Kamera Leica, dengan sejarah panjang memiliki peran penting dalam momen bersejarah seperti Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

BACA JUGA:Leica Punya Kamera yang Dirancang untuk Jurnalis Foto, Berikut Spesifikasi Lengkapnya

Kamera Leica memainkan peran penting dalam perkembangan fotografi jurnalistik. Ukurannya yang kecil dan ringan membuatnya menjadi pilihan ideal untuk para fotografer yang ingin dengan cepat merekam momen-momen berita.

Selama bertahun-tahun, Leica terus mengukir sejarah dengan beberapa inovasi signifikan. 

BACA JUGA:Rekomendasi 5 HP yang Menggunakan Kamera LEICA Terbaik, Setara DSLR

Banyak fotografer terkenal menggunakan kamera Leica, termasuk Henri Cartier-Bresson, yang dikenal sebagai salah satu pendiri fotografi street. 

Frans Soemarto Mendur dan Alex Impurung Mendur atau dikenal Mendur Bersaudara menggunakan kamera Leica untuk mengabadikan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sayangnya tak ada informasi lebih lanjut tentang jenis dan model kamera yang digunakan oleh Mendur Bersaudara.

BACA JUGA:5 Kecanggihan Fotografi Smartphone yang Dibekali dengan Kamera Leica

Salah satu alasan mengapa harga kamera Leica tergolong mahal adalah karena proses quality control dan finishing yang sangat ketat. 

Berbeda dengan banyak perusahaan kamera lainnya, Leica tidak mengandalkan mesin, melainkan tenaga staf ahli yang berpengalaman.

Selain itu, Leica dikenal karena kepiawaiannya merilis edisi spesial yang selalu dinantikan oleh para penggemar fotografi.

Sumber: