Polda Jatim Siapkan Pasukan Khusus Amankan 5 Wilayah Rawan di Pemilu 2024

Polda Jatim Siapkan Pasukan Khusus Amankan 5 Wilayah Rawan di Pemilu 2024

Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto.-Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam Deklarasi Damai Pemilu, Kamis, 28 Desember 2023, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa status kerawanan Jatim termasuk kategori sangat rawan, tapi untuk saat ini turun menjadi rawan

BACA JUGA:Penembakan Relawan Prabowo di Sampang, Kapolda Jatim: Senjata Kaliber 22 mm

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto mengungkapkan bahwa lokasi yang dipetakan tersebut adalah seluruh wilayah di Madura mulai dari Bangkalan-Sampang, dan kemudian di wilayah Pasuruan

BACA JUGA:Pastikan Natal Aman, Kapolda Jatim dan Forkopimda Kunjungi Dua Gereja

Lalu mengapa itu termasuk kategori rawan, lanjut kapolda, bahwa itu terjadi lantaran sejarah Pemilu 2019. Di mana terinventarisir terdapat 12 kejadian. 

BACA JUGA:Deklarasi Pemilu Damai, Kapolda Jatim: Momen Tepat Sosialisasi ke Masyarakat untuk Sukseskan Pemilu 2024

"Termasuk salah satu di Sampang, rekan-rekan masih ingat, pembakaran Mapolsek Tambelangan, itu juga masuk catatan khusus. Mudah-mudahan Madura tahun ini, kejadian menonjol dapat kita tekan. Tentunya kami dapat memetakan kerawanan-kerawanan itu, kemudian mengerahkan pasukan khusus," ujar kapolda, Jumat, 29 Desember 2023.

BACA JUGA:Kapolda Jatim bersama Forkopimda Kunjungi Sejumlah Terminal dan Stasiun Pastikan Nataru Aman

Sementara itu terkait logistik untuk keperluan Pemilu 2024 di pulau luar Jatim sudah mencapai sekitar 98 persen yang sudah didistribusikan. 

BACA JUGA:Kapolda Jatim Pimpin Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023

"Kemarin KPU sudah merilis 98 persen, logistik itu sudah terdistribusi tinggal surat suara. Sekarang tinggal produksi, mudah-mudahan 15 Januari 2024, janji ketua KPU semua sudah terdistribusi," pungkas Irjenpol Imam Sugianto. (*)

Sumber: