Refleksi Akhir Tahun Kejari Lamongan, Capaian Kinerja Tuai Apresiasi

Refleksi Akhir Tahun Kejari Lamongan, Capaian Kinerja Tuai Apresiasi

Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan memimpin rapat koordinasi refleksi akhir tahun.--

LAMONGAN, MEMORANDUM-Refleksi akhir tahun, Kejaksaan Negeri (Kejari) LAMONGAN menyampaikan capaian hasil kinerja selama tahun 2023, tuai apresiasi.

Sepanjang tahun 2023, dalam pelaksanaan tugas pokok serta fungsi sebagai insan Adhyaksa Kejaksaan Negeri Lamongan.

Yakni sebagai salah instansi penegak hukum yang mengusung penegakan hukum humanis dan modern," ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan Dyah Ambarwati disampaikan melalui Kasi Intel MHD Fadly Arby. Jum'at 29 Desember 2023.

BACA JUGA:Akhir Tahun 2023, Bupati Lamongan Tandai Training Ground Lapangan Gajah Mada

Untuk capaian kinerja masing-masing bidang di Kejaksaan Lamongan, menurut Fadly sapaan akrabnya, pada Bidang Pembinaan selama kurun waktu tahun 2023, realisasi setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni sejumlah Rp. 647.031.760, dari target Rp. 617.480.000.

BACA JUGA:Program Beasiswa di Lamongan dengan Awardee Perintis

"Setoran PNBP tersebut berasal dari Pendapatan Denda Pelanggaran Lalu Lintas, Pendapatan Denda Hasil Tindak Pidana lainnya, Pendapatan Biaya Perkara, 

Pendapatan Penjualan Barang Rampasan, Pendapatan Uang Sitaan Tindak Pidana lainnya yang telah diputuskan atau ditetapkan pengadilan," kata dia.

Sementara itu, capaian lainnya, pada bidang Intelijen telah melakukan pengamanan pelaksanaan tahapan pemilu 2024 dengan membentuk Posko Pemilu 2024 di Kejaksaan Negeri Lamongan. 

"Kami juga memberikan optimalisasi pelayanan hukum di masyarakat dengan melakukan Program Jaksa Masuk Sekolah dan Program Jaksa Masuk Pesantren di beberapa sekolah dan pesantren yang ada di Kabupaten Lamongan," bebernya.

Selain itu, ujar fadly, ada juga program Jaksa Menyapa yang kegiatan disiarkan secara live di Radio Suara Lamongan dengan tema Jaksa Jaga Desa dan Restorative Justice. 

"Penyuluhan hukum juga dilakukan di beberapa kecamatan di Lamongan, dan juga melakukan pengawasan aliran kepercayaan Masyarakat di wilayah Kabupaten Lamongan dengan mengadakan 2 kali pertemuan dengan para penghayat aliran kepercayaan," bebernya.

Kembali diungkapkan, Kejaksaan Negeri Lamongan juga melakukan Pengamanan Pembangunan Strategis di 5 Proyek Strategis Kabupaten Lamongan yaitu, 4 pembangunan Jamula dan 1 Pembangunan Rumah Sakit di Brondong.

"Bidang Tindak Pidana Umum selama tahun 2023, telah memperoleh persetujuan dari Kejaksaan Agung untuk melakukan penyelesaian perkara secara restorative justice sebanyak 5 (lima) perkara. Bahwa atas 5 (lima) perkara tersebut didominasi oleh perkara kekerasan," ungkspnya.

Sumber: