7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

7 Buah untuk Menaikkan Trombosit dan Percepat Penyembuhan Demam Berdarah

-Istimewa-

Buah untuk menaikkan trombosit berikutnya adalah mangga. Mangga diyakini mampu meningkatkan kadar trombosit karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 1 buah mangga gedung yang memiliki berat rata-rata 200 gram terdapat sekitar 60 miligram vitamin C. Dengan berat yang sama, mangga manalagi bahkan mengandung 122 miligram vitamin C.

Vitamin C yang terdapat pada mangga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, mineral yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan trombosit.

BACA JUGA:Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Buah Durian

3. Pepaya 

Pepaya juga merupakan buah untuk menaikkan trombosit yang mudah didapat. Pepaya diduga mampu meningkatkan produksi enzim yang berperan dalam pembentukan trombosit di sumsum tulang. Pepaya bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus pepaya.

Tidak hanya bagian buahnya, daun papaya juga berkhasiat dalam menaikkan trombosit. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus daun pepaya dapat menaikkan kadar trombosit pasien demam berdarah. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Buah Beracun tapi Bermanfaat Untuk Kesehatan, Buah Kecubung

4. Jeruk 

Asam folat merupakan jenis vitamin yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan trombosit. Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan ini. Dalam 1 buah jeruk berukuran besar dapat terkandung 55 mikrogram asam folat. Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat sakit.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuh dengan Manfaat Buah Rambutan

5. Delima

Buah berikutnya yang diyakini dapat membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah adalah buah delima. Ini karena buah delima mengandung banyak vitamin C dan folat yang berperan dalam pembentukan sel darah. Dalam 1 buah delima dengan berat rata-rata 280 gram terkandung 30 miligram vitamin C dan 107 mikrogram asam folat.

Tips: Manfaat ini hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah delima secara langsung, bukan dalam bentuk olahan seperti jus delima.

BACA JUGA:Tips Memilih Buah Sirsak yang Matang dan Benar

6. Bit 

Sumber: