Doa Sesudah Adzan beserta Artinya, Waktu Mustajab untuk Berdoa

Doa Sesudah Adzan beserta Artinya, Waktu Mustajab untuk Berdoa

Setelah mendengar adzan, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa.-Unsplash-

MEMORANDUM - Bagi umat Islam, adzan merupakan panggilan suci dari Allah SWT agar segera menunaikan salat. adzan terdiri dari dua bagian, yaitu iqamat dan iqomah.

Iqamat merupakan panggilan untuk segera menunaikan salat, sedangkan iqomah merupakan panggilan untuk memulai salat.

Setelah mendengar adzan, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa. Doa setelah adzan memiliki keutamaan yang besar, salah satunya adalah doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya doa yang paling didengar adalah doa antara adzan dan iqamah. Maka perbanyaklah doa pada waktu itu.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Oleh karena itu, umat Islam hendaknya memanfaatkan waktu yang mustajab tersebut untuk memanjatkan doa-doa yang baik.

BACA JUGA:Kumpulan Doa di Pagi Hari yang Bisa Diamalkan, Agar Hari Diselimuti Keberkahan

 

Bacaan Doa Sesudah Adzan
Doa setelah adzan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيعَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Artinya

"Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna ini dan salat yang didirikan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (keutamaan), kemuliaan, dan derajat yang tinggi, dan angkatlah dia ke tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji."


Selain doa tersebut, umat Islam juga dapat memanjatkan doa-doa lainnya yang sesuai dengan keinginannya. Doa-doa tersebut dapat berupa permohonan kepada Allah SWT untuk keselamatan dunia dan akhirat, memohon ampunan atas dosa-dosa, memohon rezeki yang halal dan berkah, dan sebagainya.

Keutamaan Doa Sesudah Adzan

Doa setelah adzan memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

• Doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

• Merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

• Merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

• Merupakan bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT.

Dengan membaca doa sesudah adzan dan memanfaatkan waktu mustajab setelah adzan, kita dapat meraih berbagai keutamaan yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, marilah kita rajin memanjatkan doa setelah adzan agar doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. (*)

Sumber: