Parkir Liar di KBS Masih Marak

Parkir Liar di KBS Masih Marak

Kondisi kemacetan di sekitar KBS atau Jalan Setail Darmo, Wonokromo, Surabaya.-arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Aktivitas juru parkir (jukir) liar di sekitar Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih marak. Jukir liar ini memanfaatkan badan Jalan Setail, Surabaya, untuk menampung kendaraan wisatawan.

Pantauan memorandum.disway.id, Selasa 26 Desember 2023, aktivitas jukir liar di Jalan Setail, Surabaya, masih tampak. Ratusan kendaraan itu terparkir di badan jalan. Dampaknya akses lalu lintas di sana menjadi padat merayap. Karena hampir separuh badan jalan temakan area parkir liar.

BACA JUGA:TIJ Bisa Menampung 1.000 Kendaraan Wisatawan KBS

Yosua, salah satu pengunjung KBS mengaku kendaraannya terparkir di jalan tersebut. Ia memilih parkir di Jalan Setail, Surabaya, karena berdekatan dengan pintu masuk  KBS.

"Tapi mahal Ep 20 ribu. Soalnya juga tadi diarahkan mas mas (jukir liar) parkir di sini (Jalan Setail, red)," kata Yosua.

Yosua berharap petugas dinas perhubungan (dishub) maupun pihak berwenang melakukan tindakan tegas kepada jukir liar ini. 

BACA JUGA:Patok Tarif Mahal, 10 Jukir Liar KBS Dijaring Petugas

"Karena di KBS banyak juga wisatawan dari luar dareah. Jangan sampai Surabaya jelek dimata wisatawan luar kota hanya keran parkir liar," ungkapnya.

Sementara pengamatan di sekitar KBS, petugas dishub dan jajaran terkait disiagakan di lokasi tersebut. Meski demikian nyatanya parkir liar masih masih ada.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Talk With Us dan Dongeng Satwa Siap Hibur Pengunjung KBS Selama Libur Nataru

 Alvin Sofiandy, staf Humas KBS mengimbau pengunjung untuk parkir di TIJ. Usai parkir wisatawan bisa melalui akses di pintu masuk Pos 3 yang berada di belakang.

"Sudah disiapkan juga parkir di TIJ. Dari TIJ pengunjung bisa jalan kaki menuju pos 3. Disana akan diarahkan petugas ke loket," kata Alvin.

BACA JUGA:Libur Lebaran, KBS Diserbu Wisatawan

Menurutnya rata rata pengunjung setiap harinya lebih dari 15 ribu pengunjung. "Jadi kalau parkir KBS penuh, pengunjung diarahkan parkir di TIJ," jelasnya. 

Sumber: