9 Tips Aman Menjaga Barang Bawaan Saat Naik Kendaraan Umum

9 Tips Aman Menjaga Barang Bawaan Saat Naik Kendaraan Umum

Bagi Anda yang suka bepergian dengan kendaraan umum, pahami 9 tips aman menjaga barang saat naik kendaraan umum, agar tetap aman dan terhindar dari tindak kriminal.-Pexel-

MEMORANDUM - Bepergian menggunakan kendaraan umum masih menjadi pilihan banyak orang. Selain harganya yang terjangkau, kendaraan umum juga praktis dan mudah diakses.

Namun, tak jarang, kejahatan seperti copet terjadi di kendaraan umum.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi kendaraan umum yang sering penuh sesak, serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga barang bawaan mereka.

Untuk menghindari kehilangan barang saat naik kendaraan umum, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Ini adalah tips yang paling dasar namun penting untuk diperhatikan. Simpanlah barang berharga Anda, seperti dompet, ponsel, dan perhiasan, di tempat yang aman.

Jika memungkinkan, simpanlah barang berharga Anda di tas yang diletakkan di depan dada. Hal ini akan membuat barang berharga Anda lebih mudah diawasi.

 

BACA JUGA:Alasan Mengapa Traveling Jadi Terapi Kesehatan Mental Terbaik


2. Waspada terhadap keadaan sekitar

Jangan lengah saat berada di kendaraan umum. Waspadalah terhadap keadaan sekitar Anda. Jika Anda melihat seseorang yang mencurigakan, segera pindah tempat duduk. Anda juga bisa mencoba untuk menjaga jarak dengan orang tersebut.

3. Hindari membawa barang berharga dalam jumlah banyak

Semakin banyak barang berharga yang Anda bawa, semakin besar pula risikonya untuk menjadi sasaran copet. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membawa barang berharga dalam jumlah banyak saat naik kendaraan umum.

4. Jangan memakai perhiasan yang mencolok

Perhiasan yang mencolok dapat menarik perhatian para copet. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memakai perhiasan yang mencolok saat naik kendaraan umum.

5. Jangan taruh barang berharga di saku belakang

Saku belakang merupakan tempat yang paling mudah dijangkau oleh copet. Oleh karena itu, sebaiknya jangan taruh barang berharga di saku belakang.

Sumber: