Aston Villa Dobrak Dominasi Tim Langganan Juara

Aston Villa Dobrak Dominasi Tim Langganan Juara

Emiliano Martinez salah satu faktor yang membuat Aston Villa moncer musim ini.--

Catatan: Eko Yudiono, wartawan Memorandum

Lupakan dulu persaingan tim-tim besar dalam merebut gelar juara Liga Utama Inggris musim 2023-2024. Lupakan dulu tim mentereng seperti Liverpool, Manchester City dan Arsenal.

Alihkan pandangan kepada tim yang tidak diperhitungkan musim ini namun secara mengejutkan tampil konsisten dan kini berada di posisi tiga besar. Ya, Aston Villa musim ini bisa dibilang luar biasa. Mereka mendobrak dominasi tim-tim lagganan juara.

BACA JUGA:Karteker Persebaya Uston Nawawi: Jeda Kompetisi akan Kami Manfaatkan untuk Benahi Semua Lini

Sebab, dari 17 kali laga, tim asuhan Unai Emery Etxegoien ini mengumpulkan 38 poin hasil dari 12 kali menang, 2 seri dan 3 kalah. Poin Aston Villa hanya selisih 1 poin dengan pemuncak klasemen sementara Arsenal.

BACA JUGA:Radja Nainggolan Effect

Tim berjuluk The Villans ini mengumpulkan poin sama dengan Liverpool dan hanya beda selisih gol. Posisi Aston Villa bahkan di atas City yang digadang-gadang sebagai calon kuat juara Liga Utama Inggris musim ini. Amazing.

Hebatnya lagi, dari 5 kali laga, Aston Villa mencetak 4 kali menang dan sekali seri. Lalu Apa rahasia Aston Villa sehingga begitu perkasa musim ini?

Penulis melihat ada beberapa faktor. Antara lain, hadirnya Emiliano Martonez di posisi penjaga gawag. Setelah membawa Argentina juara, Martinez terlihat begitu percaya diri dan mengamankan gawangnya di laga-laga krusial.

Antara lain ketika mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0 dan Arsenal juga dengan skor yang sama. Gawang kiper 31 tahun itu bobol 21 kali atau juga peringkat ketiga kebobolan paling banyak. Sedangkan gawang Arsenal dan Liverpool baru kebobolan 15 kali.

Selain faktor Martinez, pelatih Unai Emery juga menjadi salah satu faktor krusial. Pelatih berpengalaman ini menerapkan pola permainan menyerang yang enak ditonton.

Filosofi Emery yang menerapkan sepak bola menyerang sangat cocok dengan karakter permainan Liga Inggris. Emery meski masih terbilang cukup muda juga mempunyai segudang pengalaman melatih. Termasuk membawa Sevilla memenangkan tiga Liga Eropa secara berturut-turut. Pelatih kelahiran Spanyol ini juga  pernah menukangi Arsenal hingga Valencia serta Villareal.

Bukan tidak mungkin, tangan dingin Emery bakal menghasilkan piala bagi Aston Villa musim ini. Entah itu Piala Liga Utama Inggris atau Liga Eropa. Sebab, saat ini Aston Villa masih memainkan laga di Liga Konferensi Eropa. Kita tunggu saja. (*)

Sumber: