Dirgahayu ke-75, Simak Sejarah HUT Kodam V/Brawijaya yang Diperingati Setiap Tanggal 17 Desember

 Dirgahayu ke-75, Simak Sejarah HUT Kodam V/Brawijaya yang Diperingati Setiap Tanggal 17 Desember

Dirgahayu ke-75, Simak Sejarah HUT Kodam V/Brawijaya yang Diperingati Setiap Tanggal 17 Desember--

SURABAYA, MEMORANDUM - Setiap tanggal 17 Desember diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya, yang merupakan Komando kewilayahan pertahanan militer provinsi Jawa Timur.

Pada tahun 2023 ini, Kodam V Brawijaya merayakan ulang tahun yang ke-75, diamana pasukan ini terbentuk melalui keputusan Menteri Pertahanan RI nomor: A/532/48 tanggal 25 Oktober 1948.

Dalam keputusan tersebut, ada penggabungan wilayah dari ketiga Divisi yakni Divisi V Ronggolawe, Divisi VI Narotama dan Divisi VII Soeropati menjadi TNI Divisi I Jawa Timur.

BACA JUGA:Sejarah Korp Polairud Baharkam Polri, Pendukung Tugas Kepolisian di Sektor Air dan Udara

Berikut ini Sejarah Kodam V Brawijaya

  • Nama Kodam V/Brawijaya

Makna di balik nama Kodam V/Brawijaya terinspirasi dari nama Prabu Brawijaya dari kerajaan Majapahit. Nama besar Prabu Brawijaya kemudian dijadikan simbol kejayaan dan kebesaran Kodam V/Brawijaya.

Dimana nama Brawijaya adalah suatu dinasti masa kerajaan Majapahit yang telah berhasil mempersatukan wilayah nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai kerajaan yang mampu mencapai kejayaan yang gemilang. Awalan Bra atau Bhre pada nama Brawijaya, mengandung arti Agung, suatu gelar kehormatan yang diberikan kepada seorang pemuda ksatria, pendiri (negara) kerajaan Majapahit bernama Wijaya.

Penokohan Brawijaya bagi TNI Divisi I/Jawa Timur, tiada lain adalah agar sifat-sifat kepemimpinan, keperwiraan dan keprajuritan yang dimiliki dan telah dibuktikan oleh wijaya dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada prajurit Divisi I/Jawa Timur dalam rangka menunaikan tugas pengabdiannya terhadap bangsa dan negara Indonesia.

BACA JUGA:Surabaya, Kota Penuh Sejarah: Menyelami Jejak Pahlawan dan Budaya yang Kaya

  • Divisi I/Brawijaya menjadi TT V/Brawijaya

Sesuai Instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Darat Nomor: 2/KS/Instr/52 tanggal 5 Januari 1952, Divisi I Brawijaya diresmikan menjadi Tentara Teritorium V / Brawijaya (TT V/Brawijaya). Perubahan ini didasarkan pada pembagian wilayah Militer Indonesia kedalam 7 Teritorium.

  • Tentara Teritorium menjadi Kodam

Sesuai Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Nomor: Kpts/952/10/1959, sebutan TT V/Brawijaya diganti Komando Daerah Militer (Kodam VIII/Brawijaya). Perubahan ini didasarkan pada perubahan pembagian wilayah/daerah militer, dari 7 Teritorium menjadi 16 Kodam.

  • Perubahan Nama Satuan

Sesuai Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Nomor: Kep/4/1985 tanggal 12 Januari 1985, sebutan Kodam VIII/Brawijaya diubah menjadi Kodam V/Brawijaya. Perubahan ini disebabkan adanya reorganisasi yang dilakukan TNI-AD, berpedoman pada prinsip "A Small Effective Unit" sehingga dari 16 Kodam disusun kembali menjadi 10 Kodam.

Sejak saat itu, nama Kodam V/Brawijaya dipakai hingga kini. Dan tanggal 17 Desember yang menandai pembentukan dan peresmian Divisi I/Djawa Timur, cikal bakal Kodam V/Brawijaya, diperingati sebagai HUT Kodam V/Brawijaya.

Sumber: