Operasi Lilin Semeru 2023, Kepolisian Siap Amankan 1.199 Gereja di Jatim

Operasi Lilin Semeru 2023, Kepolisian Siap Amankan 1.199 Gereja di Jatim

Kasatgas Opsda Operasi Lilin Semeru 2023 Kombespol Komarudin.-Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM – Demi kelancaran dan kenyamanan peringatan Hari Raya Umat Kristiani, sebanyak 1.199 gereja akan mendapatkan pengamanan dari personel kepolisan, TNI, dan instansi terkait. 

BACA JUGA:Amankan Natal dan Tahun Baru, Polda Jatim Kerahkan 13.034 Personel

Menurut Kasatgas Opsda Operasi Lilin Semeru 2023, Kombespol Komarudin bahwa hal yang paling utama dalam pengamanan Misa Natal nanti ialah hadirnya umat Kristiani di gereja. Tentu misa ini berbeda dengan misa yang rutin digelar. 

BACA JUGA:Profil Kombes Pol Komarudin yang Resmi Jabat Dirlantas Polda Jatim

"Ini adalah hari raya saudara kita umat kristiani. Yang perlu kita pastikan di sana adalah kelancaran proses misa. Mulai dari kedatangan, kantong parkir, pelaksanaan misa itu sendiri yang kita harapkan betul-betul tidak ada gangguan. Baik gangguan kenyamanan, keamanan dan ini yang akan kita lakukan," bebernya. 

Kombespol Komarudin melanjutkan, bahwa pihaknya total akan mengamankan 1.199 gereja mulai dari besar, sedang, dan kecil yang sudah pihaknya datakan. 

BACA JUGA:Siapa Kombes Pol Komarudin, Pengganti Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol M Taslim Chairuddin? Ini Profilnya

"Tentunya di setiap titik juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kita sesuaikan dengan tingkat kebutuhannya misalnya ada gereja besar tapi kantong parkir kecil ini juga akan kita perhatikan," tuturnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga telah membuat konsep strategi apabila lokasi gereja dekat dengan pasar yang berkaitan dengan aktivitas masyarakat agar keduanya tetap berjalan dengan lancar. 

Ancaman teroris juga menjadi atensi. Pihaknya pun akan mengantisipasi dan tim di lapangan juga sudah bergerak. 

"Dan kami memastikan negara hadir untuk mengamankan Natal dan pergantian Tahun Baru 2024," pungkasnya. (*)

Sumber: