Pj Wali Kota Malang: Keberlanjutan Laskar Perencana Sangat Dibutuhkan

Pj Wali Kota Malang: Keberlanjutan Laskar Perencana Sangat Dibutuhkan

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mendorong penguatan kinerja Laskar Perencana.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengapresiasi kinerja Laskar Perencana Kota Malang yang telah memberikan dampak positif dalam perencanaan pembangunan di Kota Malang

Ini disampaikan saat memberikan arahan pada Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tingkat Kecamatan dan Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Tahun 2024, yang dilaksanakan oleh Bappeda Kota Malang, Rabu, 13 Desember 2023.

BACA JUGA:Dampingi Danrem 083/ BDJ, Pj Wali Kota Malang Tinjau Kesiapan Pasukan Pengamanan Kunjungan Presiden

Harapannya, kinerja baik ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. 

“Keberadaan Laskar Perencana menunjukkan efektivitas kinerja yang baik. Terbukti dengan usulan masuk dari masyarakat semakin banyak yang selaras dengan prioritas pembangunan. Sehingga jumlah usulan diakomodir dari tahun ke tahun juga meningkat,” kata Wahyu Hidayat.

BACA JUGA:Antisipasi Macet, Pj Wali Kota Malang Minta Penertiban Titik Parkir

Sebagai informasi, jumlah usulan yang diakomodir dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan dara dari Bappeda Kota Malang, pada 2022 jumlah usulan yang terakomodir mencapai 26 persen, pada 2023 sebesar 45 persen dan mencapai  54 persen lebih untuk RKPD tahun 2024. 

BACA JUGA:Urai Macet Kayutangan-Semeru Jelang Natal dan Tahun Baru, Pj Wali Kota Malang Sidak

Bahkan, kinerja optimal Laskar Perencana Kota Malang ini telah menuai apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan telah masuk dalam Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

“Langkah inovatif ini efisien karena memberikan dampak yang jauh lebih besar. Sebuah terobosan pendekatan baru melalui penggalian informasi secara bottom up yang efektif. Sehingga keberlanjutan Laskar Perencana sangat dibutuhkan,” ujar Wahyu.

BACA JUGA:Aspal Jalan Bandung Ambles, Pj Wali Kota Malang Instruksikan Kebut Perbaikan

Wahyu mengharapkan Laskar Perencana terus mempertahankan kinerja baiknya. 

“Lakukan pendekatan yang luwes dan tidak kaku, jangan terlalu formal. Agar pendampingan lebih bisa diterima masyarakat. Sampaikan pada masyarakat apa saja fokus dan prioritas pemerintah yang tertuang dalam RPD, peraturan-peraturan apa yang menanungi, maupun  prioritas yang harus diusulkan. Sehingga perencanaan yang bersifat bottom up bisa terakomodir dengan baik,” urainya.

BACA JUGA:Raih Top Digital Award, Pj Wali Kota Malang Ingin Layanan Digital Makin Handal

Sumber: