Tambah Uang Saku, 5 Pekerjaan Sampingan ini Cocok untuk Mahasiswa

Tambah Uang Saku, 5 Pekerjaan Sampingan ini Cocok untuk Mahasiswa

Tidak sedikit mahasiswa yang mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.-Unsplash-

MEMORANDUM - Menjadi mahasiswa tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya kuliah, ada juga biaya-biaya lain seperti biaya hidup, biaya transportasi, dan biaya untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain uang saku dari orang tua, tidak sedikit mahasiswa yang mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Beberapa pekerjaan sampingan tersebut bahkan bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. 

Berikut ini adalah 5 pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang menguntungkan:

1. Guru les atau tutor
Menjadi tutor merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang paling populer di kalangan mahasiswa. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik di bidang tertentu, seperti matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia.

Kamu bisa menawarkan jasamu kepada tetangga, teman, atau saudara. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas guru les atau tutor online.


2. Jasa Desain
Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki keterampilan desain grafis, seperti Canva, Photoshop, Illustrator, atau CorelDraw. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk membuat logo, poster, desain produk, atau video promosi.

Untuk menjadi desainer lepas, kamu harus memiliki portofolio yang menarik untuk menunjukkan kemampuan desainmu. Kemudian kamu bisa menawarkan jasamu kepada teman-teman, saudara, atau perusahaan-perusahaan kecil.

3. Penulis Lepas
Jika kamu punya kemampuan menulis yang baik, tak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan sampingan sebagai penulis.

Banyak website atau media sosial yang menawarkan pekerjaan ini. Kamu juga bisa mengikuti lomba kepenulisan seperti menulis cerpen atau puisi.

4. Fotografer
Mengabadikan momen berharga menjadi sebuah keharusan agar bisa dikenang di masa depan. Apalagi di zaman sekarang, banyak orang juga ingin membagikan momen tersebut di media sosialnya.

Tentunya hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi seorang fotografer. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkan hasil fotomu ke platform jual foto atau menaruhnya di media sosial sebagai portofolio. Kemudian kamu bisa menawarkan jasamu untuk acara wisuda, pernikahan, atau ulang tahun.

5. Konten Kreator
Salah satu pekerjaan yang sedang populer saat ini adalah konten kreator. Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang memiliki kreativitas dan keterampilan dalam membuat konten digital, seperti video, foto, atau tulisan.

Kamu bisa membuat konten di berbagai platform, seperti YouTube, Instagram, TikTok, atau blog. Untuk mendapatkan penghasilan dari konten kreator, buatlah konten menarik dan bekerja samalah dengan sebuah brand atau perusahaan.

Pekerjaan sampingan bisa menjadi solusi untuk menambah penghasilan dan menunjang karier. Dengan memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kemampuan dan minat, kamu  bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar sekaligus mengembangkan keterampilan dan pengalaman. (*)

Sumber: