Mahasiswa KKN Tematik Unitomo Ajarkan Anak SD di Tulangan tentang Mitigasi Bencana

Mahasiswa KKN Tematik Unitomo Ajarkan Anak SD di Tulangan tentang Mitigasi Bencana

Kalaksa BPBD Sidoarjo Dwijo Prawitop menyambut mahasiswa KKN Unitomo.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Mahasiswa KKN Tematik Universitas Dr Soetomo (Unitomo) memberikan pengajaran tentang mitigasi bencana kepada anak-anak SD di Tulangan, Sidoarjo, Senin, 11 Desember 2023.

Kegiatan KKN kali ini mengangkat tema Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan Penilaian Ketangguhan Sekolah di Kabupaten Sidoarjo.

Sapto Pramono, Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unitomo menjelaskan, KKN Tematik di Tulangan semester ini diikuti sekitar 120 peserta yang dibagi menjadi 3 kelompok besar untuk disebar ke 11 sekolah dasar yang telah dipetakan.

BACA JUGA:Kunjungi Unitomo, Adik Mahfud MD Sebut Ganjar Berpengalaman Bereskan Persoalan Rakyat

“Kami bekerja sama dengan Kabupaten Sidoarjo dalam KKN sudah bersinergi sejak lama, semester lalu pun di Sidoarjo Kecamatan Taman, sementara sekarang di Kecamatan Tulangan," jelas Sapto.

BACA JUGA:Rektor Unitomo Siti Marwiyah Dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara

Sementara itu, Eny Haryati, Kepala Pusat Studi Bencana & Lingkungan (PSBL) Unitomo mengatakan, KKN tematik mitigasi bencana ini berlangsung 10 hari dan akan dimulai Senin-Rabu, 11-13 Desember 2023.

"Dalam waktu yang tidak lama ini, mahasiswa wajib memaksimalkan untuk menyelesaikan program-program yang telah disusun," ucapnya.

Sedangkan Camat Tulangan Suprayitno mengaku bangga dengan adanya peserta KKN-PPM dari Unitomo. “Suatu kehormatan bagi kami, KKN dilaksanakan di Kecamatan Tulangan. Ini akan memberikan wawasan luar biasa terkait mitigasi bencana, khususnya sekolah tangguh bencana," tuturnya.

"Untuk itu, kami pihak kecamatan telah berkoordinasi sebelumnya dengan pihak Unitomo dan sekolah terkait, dan saat ini kami hadirkan kepala sekolah atau perwakilan dalam pembukaan KKN-PPM ini," sambung dia.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, Dwijo Prawiro menyampaikan, mahasiswa peserta KKN-PPM akan memberikan seputar pengetahuan Sekolah Tangguh Bencana dan simulasi teknis turunan dari sosialisasi yang dilakukan.

"Materi-materi sosialisasi nantinya merupakan arahan teknis terkait manajemen kebencanaan, juga penggunaan aplikasi INARISK, serta petunjuk pelaksanaan sosialisasi mitigasi kebencanaan bagi siswa di beberapa SDN terpilih," terang Dwijo.

Adapun dalam sosialisasi ini dibarengi dengan pemberian pengetahuan bencana melalui Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena). (bin)

Sumber: