Bulan Akhir Tahun Mahasiswa, Dosen dan Karyawan Universitas dr Soebandi Kompak Donor Darah

Bulan Akhir Tahun Mahasiswa, Dosen dan Karyawan Universitas dr Soebandi Kompak Donor Darah

Mahasiswa, Dosen dan Karyawan Kompak donor darah -Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Bulan akhir tahun, Universitas dr Soebandi JEMBER menggelar aksi sosial kemanusiaan donor darah. Mahasiswa, dosen, dan karyawan kampus tersebut kompak donor darah. Hasilnya, 30 kantong darah berhasil disumbangkan ke UDD PMI Kabupaten JEMBER.

Ketua KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi Jember, Khoibin Mahmud mengatakan, sejatinya jumlah pendaftar donor darah lebih banyak lagi. Namun, ada beberapa yang tidak lolos screening karena berbagai faktor, seperti tekanan darah tinggi atau rendah, kadar hemoglobin (Hb) rendah, atau berat badan tidak memenuhi standar.

"Jumlah yang disumbangkan ke UDD PMI untuk diteruskan ke pasien-pasien di rumah sakit sebanyak 30 kantong," kata Khoibin.

BACA JUGA:Peringati Hari Armada RI, Jalasenastri Gelar Donor Darah

Dia menjelaskan, kegiatan donor darah ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh KSR PMI Unit Universitas dr Soebandi Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen, dan karyawan yang hendak bersedekah darah.

"Paling tidak, dua atau tiga bulan sekali kami menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela di kampus," ujar Khoibin.

Dia menambahkan, kegiatan donor darah merupakan bagian dari aksi sosial kemanusiaan.

BACA JUGA:Peringati HUT Ke-73, Satpolairud Polres Lamongan Donor Darah Bersama Nelayan

"Donor darah merupakan sedekah paling murah. Selain menyumbangkan darah, donor darah juga membuat tubuh lebih sehat," kata Khoibin.

Ketua PMI Kabupaten Jember,  Dr H M Thamrin SE MM, menyampaikan terima kasih kepada Universitas dr Soebandi Jember dan para pendonor yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

"Kami sangat berterima kasih atas sumbangan darah dari Universitas dr Soebandi Jember. Sumbangan ini sangat bermanfaat bagi pasien-pasien yang membutuhkan transfusi darah," kata Thamrin

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jatim Gelar Donor Darah, Kombespol Arman: Pupuk Rasa Kepedulian Sesama

Dia berharap, kegiatan donor darah seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Jember.(edy)

Sumber: