Antisipasi Lonjakan Harga Bapok Jelang Nataru, Ketua DPRD Surabaya: Optimalkan Operasi Pasar

Antisipasi Lonjakan Harga Bapok Jelang Nataru, Ketua DPRD Surabaya: Optimalkan Operasi Pasar

Adi Sutarwijono.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Menjelang Natal dan tahun baru (Nataru), DPRD Surabaya menaruh atensi penuh terhadap momen-momen krusial yang bisa berdampak terhadap kesejahteraan sosial. Seperti misalnya, kenaikan harga bahan pokok (bapok).

Dikatakan Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, pihaknya berkomitmen untuk ikut mengawal dan menjaga harga bapok tetap terkendali. Salah satunya dengan mengoptimalkan program Operasi Pasar.

“Kami berharap aparatur Pemkot Surabaya dan seluruh pemangku kewenangan dan kepentingan dapat menjaga serta mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok. Salah satunya dengan menggencarkan operasi pasar yang tepat sasaran,” kata Adi, Minggu, 3 Desember 2023.

BACA JUGA:Hari Difabel Internasional, DPRD Surabaya Dukung Inklusi Sosial-Ekonomi Bagi Kaum Disabilitas

Menurutnya, hingga awal Desember ini harga bapok terpantau stabil. Namun demikian, kata Adi, tetap harus ada pemantauan secara berkala apabila bapok alami lonjakan kenaikan harga.

“Bersama pemkot, kami akan mengawasi terus. Namun selama ini pemkot telah memiliki tim pangan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang,” tutur Adi.

Selain itu, tidak kalah penting menurutnya keamanan juga diharap tetap terjaga di tengah kegembiraan dan kebahagiaan warga masyarakat Nataru.

BACA JUGA:Ngobrol dengan Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna, Buat Kebijakan Jangan Tebang Pilih

“Surabaya akan menghadapi momen Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Mobilitas penduduk akan berlangsung luar biasa dan kebutuhan konsumsi akan meningkat,” jelas dia.

Pada aspek lain, lanjut Adi, memasuki bulan Desember ini, Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya harus memaksimalkan penyerapan anggaran untuk menuntaskan berbagai program pembangunan.

“Kebutuhan-kebutuhan masyarakat harus terlayani dengan baik, terutama yang berkaitan berbagai aspirasi pembangunan. Pertumbuhan ekonomi pun diharapkan meningkat di akhir tahun. Begitu angka kemiskinan dan pengangguran akan bisa dikendalikan dan ditekan turun,” tuntasnya.

BACA JUGA:Sambut Nataru, DPRD Surabaya Pastikan Jaga Stabilitas Bapok hingga Kawal Pemilu Damai

Di sisi lain, DPRD Surabaya bakal memaksimalkan kewenangan konstitusionalnya untuk terus memonitor dan melaksanakan pengawasan berbagai dinamika masyarakat dan pembangunan di akhir tahun.(bin)

Sumber: