Sampoerna Pasang 10.550 Panel Tenaga Surya

Sampoerna Pasang 10.550 Panel Tenaga Surya

Hamparan panel solar cell yang bisa menampung tenaga listrik sebesar 7 Megawatt.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Sejalan dengan prioritas pemerintah yang berkomitmen melakukan transisi energi baru terbarukan, kali ini direspons oleh PT HM Sampoerna di PASURUAN. HM Sampoerna memasang 10.550 panel solar cell (tenaga surya) yang bisa menampung daya listrik hingga 7 Megawatt.

Penempatan panel solar cell yang berada di dalam area perusahaan di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, juga mampu mengaliri listrik sebanyak 12 ribu rumah.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkesempatan untuk melihat dari dekat di lingkungan PT HM Sampoerna di Sukorejo. Khofifah mengatakan bahwa pada tahun ini, provinsi baru mendapat 5 penghargaan dari dewan energi nasional. Empat diantaranya berada di ranking 1. Dan satunya berada di ranking 2.

BACA JUGA:Kasus Penyerangan Dua Anggota Satpol PP, Buruh Datangi Kantor Satpol PP untuk Berdamai

Artinya bahwa ada komitmen seluruh ekosistem stakeholders yang ada di Jawa Timur, termasuk di dalamnya adalah PT HM Sampoerna yang sudah memberikan komitmen bahwa ini ada 10.550 panel Surya setara dengan 7 megawatt untuk memberikan satu referensi kepada kita semua bahwa memang kita sudah mengkonversi ke EBT (Energi Baru Terbarukan).

BACA JUGA:573 Kasus HIV/Aids di Surabaya Didominasi Pria, Penyebab Tingginya HIV/Aids, Penularan Baru Tidak Terkontrol

"Tentu kita berharap bahwa korporasi-korporasi yang lain juga akan melakukan hal yang sama. Kita ini akan bergerak ke green economy ke green energy. Dan kita juga harus melompat ke blue economy ke blue energy," kata Khofifah di Sukorejo Kabupaten Pasuruan, Jumat (1/12).

Disamping itu, ada sebagian yang dibina oleh PT HM Sampoerna, terutama Sampoerna Little community, dengan adanya program tersebut peningkatan UMKM di Jawa Timur juga semakin berkembang. 

Pemerintah Provinsi Jatim, dalam hal ini selalu mendukung adanya perusahaan yang ikut peduli dengan energi baru terbarukan. Mengingat saat ini sangat di butuhkan peran serta swasta dalam mendukung program pemerintah. (kd/mh)

Sumber: