Kota Pasuruan Bakal Punya Taman Tematik Bernuansa Makkah

Kota Pasuruan Bakal Punya Taman Tematik Bernuansa Makkah

Tangkapan layar gambar miniatur Kakbah yang akan dibangun di Taman Tematik Krampyangan, Kota Pasuruan.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Setelah Payung Madinah, Kota Pasuruan, punya terobosan menarik lagi. Kali ini berupa Taman Tematik Krampyangan.

Di dalamnya bakal ada zona taman paling ikonik bernuansa Makkah. Di zona ini terdapat fasilitas utama berupa; Masjid, Selasar Tawaf dan Saí, miniatur kakbah, koridor simulasi shafa-marwah, serta plaza Masjid

BACA JUGA:Kapolsek Purworejo Pantau Pembagian BLT bersama Wali Kota Pasuruan

"Pada malam hari ini kami sangat bersuka cita atas kedatangan dan dukungan langsung Ibu Gubernur. Cita-cita saya memang adalah bagaimana membuat legacy yang berkesan untuk warga Kota Pasuruan. Salah satunya pembangunan taman tematik ini," ujar Wali Kota Pasuruan H Saifullah Yusuf dengan nada lebih ceriah. 

BACA JUGA:Syaqif Constantin A Ucapkan Selamat kepada Walikota dan Wawali Kota Pasuruan Baru

Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, sempat memaparkan melalui slide tentang rencana tahapan pembangunan Taman Krampyangan di depan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan undangan yang hadir. 

BACA JUGA:Terkait Ribuan Pelayat, Wali Kota Pasuruan Meminta Jangan Dipolitisir

Ia mengatakan Taman Tematik Krampyangan nantinya akan terdiri dari empat segmen. Yaitu taman olahraga hobi, taman bermain anak, taman agrowisata, dan Taman Makkah. 

Dari 4 segmen yang akan dibangun nantinya dikerjakan dalam dua periode. Pada periode pertama akan dibangun segmen 1 (taman olahraga dan hobi) dan segmen 3 (Taman Makkah). Pada zona Taman Olahraga Hobi akan terdapat beberapa fasilitas olahraga, seperti lapangan sepak bola, jogging track, arena BMX, Panjat Tebing, skateboard, serta beberapa fasilitas penujang lainnya. 

“Melalui pembagian empat segmen ini, nantinya taman Krampyangan akan memiliki daya tarik serta kekhasan yang tidak dimiliki oleh taman tematik lainnya,” tegas Gus Ipul meyakinkan Gubernur Khofifah dan para undangan. 

Inovasi Pemkot Pasuruan ini dalam rangka menggenjot sektor pariwisata. Yakni dengan menjadikan Kota Pasuruan sebagai Kota Manasik bisa segera terealisasi. Upaya ini paling tidak bisa diperkuat dengan ditandai seremoni ground breaking pembangunan taman tematik Krampyangan, Rabu, 29 November 2023 malam. Ground breaking ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota H Saifullah Yusuf. 

"Sesuai dengan apa yang ada di dalam perencanaan pak wali kota, mudah-mudahan pembangunan ini diberikan kemudahan oleh Allah, dan hasilnya manfaat barokah" ujar Gubernur seolah gayung bersambut. 

Khofifah juga menyiratkan akan mengoptimalkan bantuan keuangan dari APBD Pemprov Jatim dalam membantu pembangunan Taman Tematik Krampayangan. 

Sementara ini bantuan yang terlontar sebesar Rp 15 miliar dari Pemprov Jatim. Namun bantuan ini diharapkan bertambah dengan kebutuhan dasar pembangunan mencapai Rp 24 miliar. 

Sumber: