IDM Kabupaten Malang Berhasil, Desa Mandiri Ranking Satu Jatim

IDM Kabupaten Malang Berhasil, Desa Mandiri Ranking Satu Jatim

Bupati Malang Sanusi menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Berkat kolaborasi yang dilakukan pemangku wilayah mulai dari kades, camat DPMD dan DPTPHP, indek desa membangun (IDM) telah mencapai target. 

Sehingga memunculkan sebanyak 72 desa dengan status Maju dan 306 desa status Mandiri. Dengan tercapainya hal itu Pemkab Malang meraih penghargaan dari Gubernur Jatim dalam acara Rapat Koordinasi Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa.

BACA JUGA:Bupati dan DPRD Kabupaten Malang Paripurna Bahas Perda-RAPBD 2024

Penghargaan yang diserahkan langsung Bupati Malang Sanusi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kamis, 30 November 2023, di Graha Universitas Negeri Surabaya atas Prestasi dalam Mewujudkan Desa Maju dan Mandiri.

Penghargaan yang diberikan atas keberhasilan Pemkab Malang, dalam memberikan inovasi pada sektor pertanian dan perkebunan pada 2023. Diketahui dari 378 desa yang ada di Kabupaten Malang saat ini  ada, 76 desa berstatus sebagai Desa Maju dan 302 desa berstatus sebagai Desa Mandiri.

BACA JUGA:Tujuh Kades PAW Dilantik Bupati Malang

"Semua itu tidak lepas dari kolaborasi yang telah dilakukan oleh semua pihak, mulai dari camat, kades dan dinas pendukung," kata Sanusi seusai terima penghargaan.

BACA JUGA:Soal RSUD Lawang, Kadinkes Kabupaten Malang Serahkan Sepenuhnya ke Bupati

Hal itu juga tak lepas, lanjut Sanusi, atas peran pendamping yang telah memberikan, bimtek kepada admin IDM yang ada di 378 desa di Kabupaten Malang. 

BACA JUGA:Bupati Sanusi Lantik Kepala BKPSDM Sebagai Pj Sekdakab Malang

Bahwa capaian tersebut sejalan dengan upaya Pemkab Malang untuk terus membangun dan memberdayakan masyarakat desa melalui berbagai program dan kegiatan. 

“Prestasi ini menjadi bentuk kerja keras semua pihak, khususnya para kepala desa, pendamping desa dan camat, semua ini berkat semua pihak yang tiada lelah untuk terus memberdayakan masyarakat," imbuh Sanusi.

Pemkab Malang akan terus meningkatkan prestasi, yang telah diraih dengan terus melakukan bimtek agar target 378 desa menjadi Desa Mandiri. 

Karena hal ini menjadi tujuan utama Pemkab Malang dalam pembangunan kemasyarakatan.

Sumber: