Mantan Kapolda Jatim Masuk Bursa Calon Pj Gubernur Jatim

Mantan Kapolda Jatim Masuk Bursa Calon Pj Gubernur Jatim

Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Teka teki siapa yang bakal duduk sebagai penjabat (Pj) Gubernur Jatim terus menggelinding. Terbaru fraksi-fraksi DPRD Jawa Timur mengusulkan beberapa nama. Meski penentu siapa Pj yang akan ditunjuk menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendegri).

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masa akhir selesai 31 Desember 2023 mendatang . Rencananya, Kamis 30 November 2023 nama-nama usulan 9 fraksi tersebut akan dibacakan dalam sidang Paripurna DPRD Jawa Timur.

Dua nama yang muncul Pj Gubetlrnur adalah Sekdaprov Adhy Karyono. Nama Prof Dr Adi Suryanto kini Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI juga muncul. Ketiga nama mantan Kapolda Jatim, irjen pol (purn) Toni Harmanto.

BACA JUGA:Sakit Hati Diselingkuhi, Sutikno Tega Membakar Istri hingga Tewas

Usulan sejumlah nama Calon Pj Gubernur Jatim itu menindaklanjuti surat dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Nomor: 100.2.1.3/5318/050/2023, tertanggal 22 Nopember 2023. Perihal Penyampaian Usul Nama Calon Pejabat Gubernur Jawa Timur. Dari 9 Fraksi di DPRD Jatim Hanya Fraksi PKB belum mengusulkan nama kandidat Calon Pj Gubernur Jatim

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Terima Dua Penghargaan dari Menkes

Fraksi PAN, Fraksi PPP dan Fraksi Golkar misalnya, mengusulkan satu nama. Yakni Sekdaprov Jatim Adhy Karyono. Alasannya, Adhy Karyono memenuhi syarat untuk menjadi Pj Gubernur. Karena memenuhi kepangkatan sebagai eselon I atau JPT Madya. Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023.

Kemudian, Fraksi PDI-P mengusulkan dua nama. Yakni Sekdaprov Jatim Adhy Karyono dan Prof Dr Adi Suryanto kini Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.  

Mmenarik usulan Fraksi Partai Gerindra. Fraksi yang dipimpin Gus Fawait ini mengusulkan nama Adhy Karyono dan Toni Harmanto mantan Kapolda Jatim. 

Terkait kabar itu, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, SH membenarkan. Ada empat nama yang bakal diusulkan DPRD Jatim. Hanya saja sesuai ketentuan aturan, maksimal mengusulkan 3 nama saja ke Kementerian Dalam Negeri.  "Kami, pimpinan DPRD Jatim terbuka,” sebut Kusnadi

Lanjut Kusnadi, Minggu lalu pimpinan DPRD Jatim sudah menyurati 9  fraksi di DPRD Jatim untuk mengusulkan nama-nama Pj Gubernur menggantikan jabatan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Setelah Gubernur Khofifah selesai melaksanakan tugasnya sesuai peraturan perundang-undangan itu akan habis di 31 Desember 2023.

Kata Kusnadi, hanya Fraksi PKB yang belum menyetorkan nama kandidat Pj Gubernur. “Sampai hari ini saya pantau tinggal Fraksi PKB yang belum menyampaikan karena ada Bimtek di Jakarta," katanya.

Politikus PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa usulan Fraksi-Fraksi terkait kandidat Pj Gubernur tersebut akan dilakukan seleksi yang menghasilkan tiga nama. "Kami akan umumkan saat Paripurna untuk menetapkan para calon Pj Gubernur," jelasnya. 

Kusnadi membeberkan mayoritas Fraksi-fraksi hanya mengusulkan satu nama. Kemudian, ada fraksi yang mengusulkan dua nama dan ada juga fraksi yang mengusulkan tiga nama. 

Sumber: