Heroik, Petugas Damkar Kota Surabaya Selamatkan Dua Bocah Terjebak di Mobil

Heroik, Petugas Damkar Kota Surabaya Selamatkan Dua Bocah Terjebak di Mobil

Petugas damkar mengevakuasi H (3), yang terjebak di mobil sang kakek-Danny-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sutaji (63) dibuat panik setelah menyadari dua cucunya yang berusia balita terjebak di mobil Daihatsu Luxio miliknya, Jumat 24 November 2023. Balita itu masing-masing H (3), dan adikknya S (1,5 tahun).

Kedua bocah itu terjebak di dalam mobil yang sedang terpakir di teras rumah Sutaji di Jalan Simo Gunung III. Mereka terjebak kurang kebih 35 menit, saat mobil dalam keadaan dipanasi oleh Sutaji.

Beruntung, keduanya berhasil dievakuasi oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya dalam keadaan selamat.

BACA JUGA:19 Jam, Petugas Damkar Kelelahan Padamkan Kebakaran Pabrik Plastik di Gresik

Kabid Pemadaman DPKP Kota Surabaya Wasis Sutikno mengatakan, kejadian dua bocah terjebak dalam mobil bermula saat kakeknya sedang menyalakan mesin mobil untuk memanasi mesin mobil sekitar pukul 06.20. Saat ditinggal, dua bocah itu masuk mobil tanpa sepengetahuan Sutaji.

Keduanya bermain di dalam mobil. Tanpa disadari, pintu mobil terkunci dari dalam. Pihak keluarga menyadari hal itu berupaya membuka pintu mobil. Namun, usaha itu tak membuahkan hasil.

Keluarga yang panik melaporkan kejadian ke Command Center 112 sekitar pukul 06.23. Setelah menerima laporan, sekitar pukul 06.30 satu Unit Pos Pakis TVRI tiba di lokasi. Petugas DPKP kemudian melakukan koordinasi dan evakuasi kedua korban.

BACA JUGA:Jangan Salahkan Petugas, Ternyata Ini Penyebab Mobil Damkar Telat, Minimal Portal 4,2 Meter

"Proses membuka pintu mobil dilakukan dengan menggunakan lakban dan mencongkel pintu menggunakan penggaris panjang," kata Wasis Sutikno, Jumat 24 November 2023, sore.

Wasis melanjutkan, dalam membuka pintu tersebut petugas tidak sampai memecah kaca mobil.

"Tidak sampai pecah kaca. Kami diturunkan dikit pakai lakban, terus dibuka pakai penggaris," sebutnya.

BACA JUGA:Cegah Kecelakaan, Satlantas Bojonegoro dan Damkar Bersihkan Material Cor di Jalan

Setelah pintu terbuka, kedua korban lantas dievakuasi dan sempat ditenangkan pihak keluarga serta petugas.

"Alhamdulillah selamat, anak nya tidak nangis. Dia pingin naik fire truck ya dinaikin sama petugas yang evakuasi," pungkas Wasis.(fdn)

Sumber: