Angelo Peruzzi, Kiper Berjuluk Malaikat, Skuat Juara Piala Dunia Italia 2006

Angelo Peruzzi, Kiper Berjuluk Malaikat, Skuat Juara Piala Dunia Italia 2006

Angelo Peruzzi bersama Buffon dan Toldo.--

MEMORANDUM-Penggila bola dunia pasti ingat siapa juara piala dunia 2006. Ya, Italia menjadi juara piala dunia 2006 setelah di final mengalahkan Prancis via adu penalti dengan skor 5-3.

Final yang berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin itu juga menyisakan drama. Sebab, kapten Prancis Zinedine Zidane dikartu merah wasit karena menanduk Marco Materazzi di menit ke-110.

Namun, yang kita bahas bukan tentang konfrontasi kedua pemain. Namun, yang kita kulik kali ini adalah skuat Italia di Piala Dunia 2006.

BACA JUGA:PBSI Jatim Gelar Piala Gubernur dengan Total Hadiah Rp 200 Juta

Ternyata, dalam skuat asuhan Marcelo Lippi itu terdapat penjaga gawang senior Angelo Peruzzi. Saat itu, kiper yang pernah memperkuat Juventus dan Lazio itu tercatat berusia 39 tahun.  Peruzzi ketika itu diplot Lippi sebagai kiper kedua tim Gli Azzuri.

BACA JUGA:Jacksen F Tiago: Banyak Orang Brasil Kagum dengan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Kepiawaian kiper dengan tinggi 181 cm di bawah mistar membuatnya dijuluki sebagai ‘Malaikat Gawang’ merujuk nama depannya Angelo yang berarti Angel atau malaikat. Tidak salah jika julukan itu disematkan kepada kiper gempal ini. Sebab, aksi penyelamatannya di abwah mistar membuat Juventus meraih gelar juara tiga kali Serie A.

Peruzzi dianggap oleh para pakar sebagai salah satu kiper Italia terhebat sepanjang masa, dan sebagai salah satu kiper terbaik di generasinya. Sepanjang karirnya, ia bermain untuk klub Italia Roma, Hellas Verona, Juventus, Internazionale dan Lazio.

Dia memiliki masa yang sangat sukses bersama Juventus, di mana dia memenangkan tiga gelar Serie A , Coppa Italia , Piala UEFA dan Liga Champions UEFA , di antara gelar lainnya; ia memenangkan Coppa Italia kedua bersama Lazio sebelum pensiun bersama klub tersebut pada tahun 2007. 

Di tingkat internasional, ia bermain 31 kali untuk tim nasional Italia sejak debutnya pada tahun 1995, dan menjadi anggota skuad mereka yang memenangkan Piala Dunia FIFA 2006 . Dia juga mewakili mereka di Olimpiade 1992 , di UEFA Euro 1996 (sebagai penjaga gawang awal), dan di Euro 2004. (*) .

 

ANGELO PERUZZI

 

Tanggal lahir 16 Februari 1970 (umur 53)

Sumber: