Fakta Unik Bersejarah Alasan Listrik Dimatikan saat Hari Raya Nyepi di Bali

Fakta Unik Bersejarah Alasan Listrik Dimatikan saat Hari Raya Nyepi di Bali

Suasana hening dan tenang di Bali saat Hari Raya Nyepi. Listrik dimatikan selama 24 jam untuk menghormati umat Hindu yang melaksanakan Catur Brata Penyepian.-Jeunnes-pinterest

MEMORANDUM-Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Salah satu budaya yang paling terkenal di Bali adalah Hari Raya Nyepi. Fakta unik bersejarah alasan listrik dimatikan saat Hari Raya Nyepi di Bali.

Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu di Bali yang dirayakan setiap tahunnya pada Tilem Kesanga atau bulan baru pada penanggalan Saka.

Salah satu hal yang unik dan bersejarah dari Hari Raya Nyepi di Bali adalah pemadaman listrik selama 24 jam. Pemadaman listrik ini dilakukan untuk menghormati umat Hindu yang melaksanakan Catur Brata Penyepian, yaitu empat pantangan yang harus dilakukan selama Hari Raya Nyepi.

BACA JUGA:Inilah 5 Fakta Budaya Sosial yang Indonesia Banget

Fakta Unik Pemadaman Listrik saat Hari Raya Nyepi

Pemadaman listrik saat Hari Raya Nyepi di Bali merupakan salah satu fakta unik yang menarik untuk diketahui. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang pemadaman listrik saat Hari Raya Nyepi di Bali:

• Pemadaman listrik saat Hari Raya Nyepi di Bali sudah dilakukan sejak tahun 1964. Hal ini dilakukan atas inisiatif Gubernur Bali saat itu, Ida Bagus Mantra.

• Pemadaman listrik saat Hari Raya Nyepi di Bali merupakan wujud toleransi beragama. Hal ini dilakukan untuk menghormati umat Hindu yang melaksanakan Catur Brata Penyepian.

• Pemadaman listrik saat Hari Raya Nyepi di Bali tidak hanya dilakukan di Bali, tetapi juga di beberapa wilayah lain di Indonesia yang memiliki populasi umat Hindu yang cukup besar.

BACA JUGA:Mengenal Mitos dan Legenda di Jawa: Memahami Warisan Budaya Lisan

Alasan Pemadaman Listrik saat Hari Raya Nyepi

Pemadaman listrik saat Hari Raya Nyepi di Bali dilakukan karena berkaitan dengan pelaksanaan Catur Brata Penyepian. Catur Brata Penyepian adalah pantangan empat yang harus dilakukan oleh umat Hindu selama Hari Raya Nyepi, yaitu:

• Amati Geni (api tidak menyala)

• Amati Karya (tidak melakukan aktivitas)

Sumber: