Turnamen Biliar Galaxy Open 2023 Usai, Ini Harapan KONI Surabaya

Turnamen Biliar Galaxy Open 2023   Usai, Ini Harapan KONI Surabaya

Ketua KONI Surabaya Hoslih Abdullah (kiri), para pemenang beserta owner Galaxy Pool & Karaoke Wahjoedi HS Basuki foto bersama.-sujatmiko-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pebiliar Asal Sidoarjo, Kocis, berhasil meraih juara I dalam ajang turnamen biliar Galaxy Open 2023 yang digelar di Surabaya.

Event yang digelar selama 6 hari sejak 12-17 November 2023, dan dumumkan Sabtu, 18 November 2023 malam di Galaxy Pool & Karaoke, Jalan Pandegiling Surabaya, disabet oleh pebiliar-pebiliar muda yang cukup berpotensi.

BACA JUGA:Turnamen Terbuka Biliar Berhadiah Rp 89,9 Juta Rupiah Digelar di Surabaya

Ketua KONI Surabaya, Hoslih Abdullah, sangat yakin dengan event semacam ini akan memunculkan bibit-bibit baru potensial di cabang olahraga ini.

"Dengan event seperti ini sebenarnya untuk melatih diri sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh para peserta. Tentu dengan skill yang mumpung bisa ditingkatkan untuk event nasional,' ujar Cak Dul, sapaan akrabnya.

Dari total 340 peserta yang ikut, Kocis, berhak mendapatkan piala dan uang tunai Rp40 juta. Sedang juara ke-2 diraih Pras dari Kediri, yang mendapatkan thropy dan uang tunai Rp15 juta.

"Ranking 3 bersama masing-masing mendapatkan uang tunai Rp5 juta," ujar Cong Liek, panitia penyelenggara Galaxy Open 2023, Minggu, 19 November 2023.

Menariknya dari turnamen ini, pemenang 1-4 tidak ada peserta dari Surabaya. Menurut Cong Liek, pebiliar dari Surabaya sebenarnya punya skill di atas rata-rata.

BACA JUGA:Turnamen Biliar Galaxy Open 2023 Bisa Mengukur Kemampuan Atlet

"Bisa karena faktor mental bertanding, mereka jadi kalah. Jam terbang memang perlu," cetus Cong Liek.

Kabar baiknya, lanjut Cong Liek, tahun 2024 nanti bakal digelar lagi turnamen biliar di Surabaya. Bahkan, ada tiga turnamen biliar yang disiapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya dan Persatuan Olah Raga Bilyard Seluruh Indonesia (POBSI).

Sementara itu, Wahjoedi HS Basuki, owner Galaxy Pool & Karaoke tidak menyangka peserta turnamen biliar yang diselenggarakannya membludak.

Dari catatan panitia penyelenggara, turnamen yang digelar di Galaxy Pool & Karaoke, Jalan Pandegiling Surabaya, diikuti sekitar 340 pebiliar.

"Karena animonya tinggi, saya sudah diskusi dengan Cak Dollah (Ketua Umum KONI Surabaya Hoslih Abdullah, red), tahun depan dianggarkan untuk tiga turnamen," terang Wahjoedi yang dihubungi terpisah.

Sumber: