Ketahui Tokoh Bung Tomo, Pahlawan Pertempuran 10 November

Ketahui Tokoh Bung Tomo, Pahlawan Pertempuran 10 November

Bung Tomo, sosok pahlawan yang menginspirasi. Semangatnya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia patut kita teladani. Mari kita terus mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara.-merdeka.com-

MEMORANDUM-Nama Bung Tomo identik dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November

Pahlawan bernama lengkap Sutomo ini terkenal dengan pidato-pidato heroiknya yang menyulut semangat masyarakat Suroboyo terhadap tentara Inggris. 

"Allah Maha Besar! Merdeka! Merdeka atau Mati!"

Itulah beberapa kata yang identik dengan Bung Tomo dan menyulut semangat para pejuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

BACA JUGA:Peringati Hari Pahlawan, Komunitas Wong Suroboyo Berdoa di Radio Bung Tomo

Biografi Bung Tomo

Berikut biografi singkat kehidupan dan perjuangan Bung Tomo:

Kehidupan Awal Bung Tomo 

Sutomo lahir di Surabaya pada 3 Oktober 1920. Ayahnya, Kartawan Tjiptowidjojo, berasal dari keluarga kelas menengah, sedangkan ibunya adalah seorang distributor di sebuah perusahaan mesin jahit setempat.

Masa kecilnya dihabiskan di kampung halamannya. Setelah tamat SD, ia melanjutkan ke SD di MULO.

Pada usia 12 tahun, dia meninggalkan sekolah dan bekerja sementara. Namun ia kembali mengenyam pendidikan formal di HBS melalui korespondensi, meski tidak pernah resmi lulus.

Dari HBS, ia bergabung dengan Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI). Dari sinilah ia menjadi sadar akan nasionalisme dan perjuangan kepanduan.

Pada usia 17 tahun, Bung Tomo Pandu mencapai pangkat Garuda di KBI, dimana banyak orang mulai mengenalnya. Selain aktif kepanduan, ia juga berkecimpung dalam dunia tulis menulis.

Di usianya yang masih belia, ia menjadi jurnalis lepas di surat kabar harian Soeara Oemoem. Setahun kemudian, pada usia 18 tahun, ia menjadi editor surat kabar mingguan "Pembela Rakyat".

Sumber: