Didampingi Satpolairud, Pj Bupati Bangkalan Pantau Penjualan Tiket Online di Pelabuhan Kamal

Didampingi Satpolairud, Pj Bupati Bangkalan Pantau Penjualan Tiket Online di Pelabuhan Kamal

Pj Bupati Arief M Edie bersama persopnel Satpolairud saat giat moninoring layanan tiket secara olenine di Pelabuhan Kamal-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Penjabat ( Pj ) Bupati Bangkalan Arief Mulya didampingi Kaurbinops Satpoairud Polres Iptu Joko Purwowidodo, mendadak berkunjung ke kompleks Pelabuhan Kamal, Kecamatan Kamal, Rabu 15 November siang.

Keduanya blusukan di sekitar dermaga Pelabuhan untuk memonitor kebijakan pembelian tiket secara online untuk layanan jasa penyeberangan kapal fery di lintas Selat Madura.

“Bapak Pj Bupati ingin menegetahui situasi kompleks pelabuhan, sekaligus merespon keluhan warga terkait layanan pembelian tiket kapal fery yang mulai dilakukan secara online,” kata Iptu Joko, Kamis 16 November 2023.

Kebijakan pembelian tiket secara online bisa dipesan melalui layanan aplikasi Ferizy atau situs https : //trip.com itu mulai diberlakukan ASDP sejak 21 September 2023 lalu. ”Itu bisa dilakukan beberapa hari sebelum pemberangkatan kapal. Terang Iptu Joko.

BACA JUGA:Satu Tersangka Dibekuk, Polres Bangkalan Ungkap Motif Pengeroyokan Berdarah di Desa Dumajah

Salah satunya layanan tersebut mulai diterapkan Kapal Feryyang untuk  alur penyebarangan Pelabuhan Kamal-Pelabuhan Tanjung Perak Surabay. ” Tujuannya sebenarnya untuk mempermudah bagi para calon penumpang,” tandas Iptu Joko.

Melalui layanan online, calon penumpang tidak perlu lagi bejubel dan berdesak-desakan untuk antri di loket penjualan tiket.  Namun tanggapan masyarakat beragam. Umumnya komunitas wong cilik, seperti pedagang kecil-kecilan, mengaku ribet menyikapi kebijakan baru tersebut.

Maklum kebanyakan dari mereka belum paham dan fasih untuk mengoperasikan perangkat tenologi digital. Selain itu tidak semua warga memiliki smartphone android untuk traksaksi jual-beli barang. Termasuk tiket kapal fery.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Bekuk 2 Pengedar Narkotika Lintas Kabupaten, 100 Gram Sabu Disita

Pasca berdialog dengan sebagian calon penumpang, ternyata respon Arief, sapaan akrab Pj Bupati sangat bijak. Dihadapan warga, Arief menegaskan bahwa perkembangan jaman saat ini sudah memasuki era tehnologi digital. Masyarakat tidak bisa menolak kemajuan tehnologi yang sudah mendunia ini.

“Hampir semua transaksi jual-beli barang, kini sudah kaprah dilakukan secara online. Ya termasuk pembelian tiket kapal di Pelabuhan Kamal ini,” kata Arief. Tujannya baik. Yakni mempermudah calon penumpang untuk membeli tiket dengan cara yang simpel dan praktis.

“Diantaranya, Pembelian tiket bisa dipesan jauh hari sebelum jadual pemberangkatan kapal. Jadi calon penumpang tidak harus bejubel antri di loket penjualan tiket,” tandas Arief.

BACA JUGA:Tekan Potensi Laka-Lantas, Personel Satlantas Polres Bangkalan Razia Bentor Angkutan Barang

Karenanya, Pj Bupati wanti-wanti agar masyarakat, harus mulai belajar untuk memahami tehnologi digital berbasis internet. Termasuk penggunaan smartphone android yang akhir-akhir ini viral digunakan untuk transaksi jual-beli barang secara online.

“Untuk sementara, bagi warga calon penumpang kapal yang belum fasih membeli tiket kapal secara online, ya bisa minta bantuan kepada saudara, anak atau tetangga dekat. Itu mudah dan tidak ribet kok,” pungkas Arief M Edie.(ras)

Sumber: