Gol Arkhan Purwanto Selamatkan Indonesia dari Kekalahan

Gol Arkhan Purwanto Selamatkan Indonesia dari Kekalahan

Arkhan Purwanto berusaha lolos dari kawalan pemain Panama. -(LOC WCU17/FAL) -

SURABAYA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-17 bermain imbang 1-1 menghadapi Panama pada pertandingan kedua FIFA U-17 World Cup 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo, SURABAYA, Senin, 13 November 2023. 

Sempat tertinggal di babak pertama melalui gol Oldemar Castillo pada 45+3, Arkhan Purwanto berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-54 melalui sundulannya. 

BACA JUGA:Indonesia Tertinggal 1-0 Atas Panama

Pada babak kedua, Indonesia berinisiatif melakukan penyerangan untuk menyamakan kedudukan. Sisi kiri menjadi andalan untuk melakukan penyerangan. 

Gol yang ditunggu-tunggu suporter timnas Indonesia akhirnya terjadi juga. Pada menit ke-54 Arkhan Purwanto berhasil mencetak gol melalui sundulan. 

BACA JUGA:Ini Susunan Pemain Indonesia U-17 Melawan Panama U-17

Memanfaatkan umpan dari Welber Jardim, Arkhan yang berada di depan gawang berhasil menaklukkan penjaga gawang Manuel Romeo. Skor berubah imbang 1-1.

Gol yang dicetak Arkhan Purwanto membuat suasana Stadion Gelora Bung Tomo bergemuruh. Para suporter semakin bersemangat memberikan dukungan ke pemain timnas. 

Pada menit ke-68, Arkhan Purwanto mendapatkan peluang matang untuk mencetak gol keduanya. Mendapatkan umpan terobosan dari lini tengah, Arkhan berhasil mendapatkan bola dan berusahan mencari ruang untuk menembak. 

Namun sayang tendangan kerasnya mengarah ke tengah dan berhasil ditangkap kiper Manuel Romero. 

Menit ke-75, Panama mendapatkan peluang mencetak gol melalui tendangan bebas Anel Ryce. Namun Anel belum mampu memberikan ancaman berbahaya pada gawang yang dikawal Ikram Al Giffari. 

Indonesia kembali memiliki peluang melalui kapten mereka Iqbal Gwijangge menit ke-82. Melalui skema sepak pojok terjadi kemelut yang belum bisa dimanfaatkan oleh Iqbal untuk mencetak gol. 

Panama hampir saja kembali unggul pada menit ke-85. Dalam skema sepak pojok, sundulan pemain Panama membentur mistar gawang yang membuat gawang Indonesia masih aman. 

Pada tambahan waktu babak kedua, Indonesia memiliki peluang bernahaya untuk berbalik unggul. Hanif Ramadhan gagal memanfaatkan assist matang dari Arkhan. Tendangannya didalam kotak pinalti masih lemah dan dengan mudah ditangkap penjaga gawang. 

Sumber: