Bumdesma Gemilang Talun Konsisten Berikan Bantuan Tiap Tahun pada Masyarakat di Blitar

Bumdesma Gemilang Talun Konsisten Berikan Bantuan Tiap Tahun pada Masyarakat di Blitar

Direktur Bundesma Gemilang Kecamatan Talun, Eko Rendro Priaswanto saat memberikan bantuan di acara bersih Desa Pasirharjo.--

BLITAR, MEMORANDUM-Sejak awal berdiri, Bumdesma Gemilang memegang peran penting dalam kehidupan bermasyarakat di Kecamatan Talun, Kabupaten BLITAR, khususnya dalam sektor ekonomi. 

Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bantuan rutin tahunan di seluruh desa di Kecamatan Talun. Seperti yang mereka lakukan diacara bersih Desa Pasirharjo, Jumat 10 Novembet 2023.

"Bundesma berdasarkan rapat antar desa dengan kepala desa (kades) se-kecamatan Talun. Diambil dari keuntungan, tiap tahun memberikan dana sosial untuk fakir miskin," ujar Direktur Bundesma Gemilang Kecamatan Talun, Eko Rendro Priaswanto.

BACA JUGA:Polsek Sawahan Laksanakan PAM Bacuya 2023

Jumlah dari bantuan tersebut rata-rata mencapai Rp 121 juta tiap tahunnya. Ini merupakan salah satu contoh baik dari penyelenggaraan Bumdesma. Selain sehat dalam segi keuangan, juga banyak memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

BACA JUGA:PDIP Kabupaten Malang Maafkan Pemuda Pengunggah Ujaran Kebencian di Facebook

"Macem-macem sesuai kesepakatan, ada 5 - 24 juta, totalnya untuk tahun ini 121 juta dari keuntungan," imbuhnya.

"Kita memang punya alokasi tersendiri dari keuntungan, yaitu deviden ke masyarakat. Bentuknya apa? Yakni berupa dana sosial untuk fakir miskin," sambung dia.

Dia pun mempersilakan bila masyarakat yang menbutuhkan modal usaha, Bumdesma Gemilang siap memberikan bantuan. Yang terpenting, karena berbentuk Bumdesma, maka harus berkelompok.

"Monggo jika butuh modal, tapj harus berkelompok, itu bisa memanfaatkan modal yang ada di kami. Jasanya pun cukup murah hanya 1,5 persen per bulan. Hasilnya pun kita  kembalikan lagi ke para fakir miskin," pungkasnya. (nus/zan)

Sumber: