Jaga Bahasa Daerah Tidak Punah, Balai Bahasa Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Jaga Bahasa Daerah Tidak Punah, Balai Bahasa Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu

Pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu--

SURABAYA, MEMORANDUM - Revitalisasi bahasa dan budaya daerah menjadi hal penting untuk terus dilakukan seluruh elemen anak bangsa. Hal ini selain untuk menjaga bahasa agar tidak punah, juga dapat memperkaya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. 

Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemendikbudristek  Tatang Muttaqin mengungkapkan, ada tiga poin penting dalam menjaga bahasa. 

"Pertama mengutamakan bahasa Indonesia, yang kedua melestarikan bahasa daerah, dan yang ketiga tentu menguasai bahasa asing," jelasnya saat memberikan sambutan dalam Gebyar Festival Tunas Bahasa Ibu Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Kamis 9 November 2023. 

BACA JUGA:M. Tabrani, Bapak Bahasa Indonesia yang Layak Jadi Pahlawan Nasional

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu, Tatang juga menjelaskan, festival ini menjadi salah satu sarana agar bahasa daerah khususnya yang ada di Jatim terus lestari. Setidaknya ada tiga bahasa daerah yang ada di Jatim yakni: bahasa Jawa, Madura, dan Using yang dapat punah jika tidak ada generasi muda yang menuturkan bahasa tersebut.

Ia juga mengapresiasi gelaran Festival Tunas Bahasa Ibu tahun 2023 ini. Menurutnya, festival ini akan memupuk rasa bangga menggunakan bahasa daerah. 

"Mudah-mudahan bisa menjadi bagian penting agar tunas bahasa ini dapat terus berkembang," katanya. 

BACA JUGA:M. Tabrani, Jurnalis dan Pejuang Bahasa Indonesia Asal Madura Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Hal ini tentunya sejalan dengan keinginan Kemendikbudristek yang saat ini sedang menyiapkan grand design untuk talenta-talenta muda berpotensi di bidang seni budaya, olah raga dan sience. Melalui Festival ini diharapkan mampu mencetak generasi-generasi baru yang mampu melestarikan budaya melalui bahasa daerahnya masing-masing. 

"Selanjutnya juga difasilitasi kalau memang memenuhi persyaratan untuk mendalami bidang tersebut, dan inilah bagian dari grand design manajemen talenta," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jatim Umi Kulsum mengungkapkan, kegiatan ini menjadi rangkaian untuk merevitalisasi bahasa daerah yang merupakan program Merdeka Belajar Episode 17. 

BACA JUGA:Balai Bahasa Jatim Gelar Penyegaran Bahasa Indonesia bagi Pelaku Media Massa

"Ini merupakan salah satu episode Merdeka Belajar ke-17, jadi kita tidak ingin bahasa yang kita cintai, Bahasa Madura, bahasa Jawa dialek Using, Bahasa Jawa punah," ungkapnya.  

Umi juga menjelaskan, bahwa kepunahan bahasa daerah dapat terjadi kapan saja jika sudah tidak ada penuturnya. Ia mencontohkan, Bahasa Sunda dalam 10 tahun terakhir telah kehilangan sekitar 2 juta penuturnya. 

Sumber: