Sumenep Sabet Penghargaan Jantung Nusantara Jatim

Sumenep Sabet Penghargaan Jantung Nusantara Jatim

Bupati Sumenep saat di Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, Sumenep --

SUMENEP, MEMORANDUM - Upaya pelestarian habitat Kakatua Jambul Kuning Mini di Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, SUMENEP berbuah manis.

Dalam Festival Dewi Cemara 2023 beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada Desa Masakambing dalam upayanya menjaga terpeliharanya destinasi wisata unik ini.

"Tentu sangat bangga dengan capaian ini. Bahwa Kabupaten SUMENEP memiliki satu destinasi wisata unik yaitu Pulau Masakambing. Ini satu-satunya di Indonesia dan banyak masyarakat belum tahu. Dengan penghargaan ini, semoga mata dunia bisa mengerti jika ada sebuah pulau kecil bernama Masakambing yang menjadi habitat alami Kakatua Jambul Kuning Mini," terang Bupati SUMENEP Achmad Fauzi, Selasa 07 November 2023.

BACA JUGA:Disdukcapil Sumenep Gelar Bimtek Akta Kematian dan Penerapan BPP

Di tahun 2024 mendatang, menurut Bupati yang akrab disapa cak Fauzi ini akan berkoordinasi dengan BKSDA Jawa Timur untuk bersinergi menjaga ekosistem fauna tersebut.

"Intinya kami juga bersemangat dalam menjaga dan kian menambah jumlah Kakatua di Masakambing," imbuh Cak Fauzi.

Terpisah, Kepala Disbudporapar Sumenep Mohamad Ihsan mengaku akan membahas pengelolaan desa wisata Masakambing sebagai prioritas di tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah menggandeng masyarakat lokal agar bisa sejalan dengan program pemerintah.

BACA JUGA:Bupati Sumenep Diminta Selektif Memilih PAW Anggota DPKS

"Ada 10 desa di Jatim yang mendapat penghargaan Desa Wisata Jantung Nusantara. Salah satunya adalah Desa Masakambing. Ini jadi pelecut di kami untuk lebih serius mengkampanyekan wisata alam tersebut ke masyarakat luas. Bisa melalui promosi, agar meningkatkan jumlah kunjungan wisata kesana," kata Kadisbudporapar Sumenep Mohamad Ihsan di kantornya.

Dalam Festival Dewi Cemara Jawa Timur 2023, Kabupaten Sumenep sukses menjadi tuan rumah dan dinobatkan sebagai fasilitator terbaik ajang pariwisata tahunan Jawa Timur.

"Alhamdulillah ada sekitar 30 stand Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yang dibuka di lokasi acara. Jumlah masyarakat yang terlibat juga banyak sampai tembus 1000 penonton. Ini yang menjadi pertimbangan Jawa Timur dalam menobatkan Sumenep sebagai fasilitator terbaik Festival Dewi Cemara," terang Kabid Pariwisata Disbudporapar Sumenep Andrie Zulkarnain.(uri)

Sumber: