Gandeng UKM, Dosen Untag Surabaya dan Unesa Beri Pengabdian Pemanfaatan Limbah Pegas Kasur

Gandeng UKM, Dosen Untag Surabaya dan Unesa Beri Pengabdian Pemanfaatan Limbah Pegas Kasur

Dosen bersama mahasiswa usai memberikan hibah kepada pelaku usaha.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sejumlah dosen dari Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bersama dosen dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berkolaborasi melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini, pengabdian yang dilakukan berupa pemberian alat untuk mengolah limbah pegas kasur sebagai bahan alternatif industri pengolahan logam.

Para dosen melibatkan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Laban, Kecamatan Menganti, Gresik.

BACA JUGA:Untag Surabaya Jadi Tuan Rumah Phenma 2023, Ajang Kolaborasi Ilmiah Antarnegara

Ketua pengabdian Handy Febri Satoto dari Untag Surabaya mengatakan, pengabdian ini diinisiasi sebagai salah satu bentuk kegiatan tridarma perguruan tinggi.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan tahun ini merupakan hibah dari DRTPM 2023 dengan anggota di antaranya, Wiwin Widiasih dari Untag Surabaya dan Fitri Norhabiba dari Unesa.

“Kami melihat bahwa UKM pengolahan logam kebanyakan menggunakan bahan baku besi gulung, namun UKM Fajar Jaya Spring ini menggunakan limbah pegas kasur yang banyak dibuat menjadi besi pegas sepeda motor, springbed, ataupun custom,” terang Handy, Senin, 6 November 2023.

BACA JUGA:Dosen dan Mahasiswa Untag Surabaya Dukung Difa Laras Bangun Media Komunitas

Karena itu, pihaknya kemudian menunjuk UKM Fajar Jaya. Lalu dilaksanakan kegiatan pengabdian salah satunya yakni, memberikan workshop atau pelatihan mengenai strategi pemasaran dan pengelolaan marketplace.

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber Mega Intan PS dari PT Samudra Bina Medical yang membagikan pengalaman usaha dan telah berhasil merambah pangsa yang lebih besar.

“Ia dan timnya berani mengambil proyek yang didapat dari Lembaga Kebijakan Pengelolaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Selain itu, ia juga menyatakan bersedia mendampingi UKM Fajar Jaya Spring dalam hal administrasi perpajakan,” tambah Handy.

BACA JUGA:Buka Fakultas Kedokteran, Kemenkes RI Beri Lampu Hijau Untag Surabaya

Menurutnya, pengabdian yang dilakukan dalam pengelolaan marketplace bagi UKM Fajar Jaya Spring adalah dengan membantu membuat website dengan alamat fajarjayaspring.com.

Dengan begitu jika terdapat perorangan yang akan memesan besi pegas custom bisa langsung menghubungi kontak yang tertera.

“Kami juga melibatkan mahasiswa untuk ikut membantu pengelolaan marketplace dari Tokopedia, Shopee, dan Facebook dengan nama Fajar Jaya Spring,” pungkasnya.(bin)

Sumber: