Tips Merawat Baterai HP agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai HP agar Tetap Awet dan Tahan Lama

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Handphone (HP) menjadi perangkat yang kini tak lepas dari genggaman seseorang. Namun ada masalah umum yang sering dihadapi oleh para pengguna smartphone adalah tidak semua HP memiliki ketahanan baterai yang tinggi.

Ada beberapa HP yang memiliki baterai cepat habis atau dapat dikatakan tidak tahan lama, alhasil harus sering-sering diisi dayanya. Biasanya penyebab baterai HP cepat habis adalah karena sering memakai HP secara berlebihan dan lama dengan banyak aplikasi berat.

BACA JUGA:3 Tips Mengatasi Hp yang Sering Mati Sendiri, Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk merawat ponsel agar masa pakainya bisa lebih tahan lama :

1. Cas baterai dengan cermat

Batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja. Karena kalau jika menggunakan smartphone terus-menerus saat dicas, baterainya akan cepat bocor.

Selain itu, salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keawetan dan kualitas baterai smartphone adalah pakai charger orisinal.

Untuk memperpanjang usia baterai, perhatikan juga siklus pengisian dayanya. Ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%-85%, jadi tak perlu sampai 100%.

BACA JUGA:5 Tips Jitu Mengatasi Hp yang Tidak Bisa Terkoneksi dengan Wifi

2. Manfaatkan fitur power saving mode

Power Saving Mode dalam Bahasa Indonesia adalah hemat daya.

3. Sesuaikan tingkat kecerahan layar (brightness)

Pencahayaan gadget sebaiknya tidak terlalu terang. Pasalnya, pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat timbulnya mata lelah.

Pencahayaan ruangan juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari gawai.

 

Sumber: