Anda tahu? Ini 10 Makanan yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Anda tahu? Ini 10 Makanan yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Mengonsumsi makanan tertentu dapat memicu asam lambung naik. Ketahui 10 makanan yang harus Anda hindari untuk mencegah asam lambung naik.-UMSU-

MEMORANDUM-Asam lambung naik atau biasa disebut dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi di mana Asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri ulu hati, sensasi terbakar di dada, dan mual. Asam lambung naik juga bisa disebabkan oleh makanan.

Ada banyak faktor yang dapat memicu naiknya asam lambungoto, salah satunya adalah makanan dan minuman. Beberapa jenis makanan dan minuman dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga dapat meredakan gejala GERD.

Berikut adalah 10 makanan yang menyebabkan asam lambung naik:

1. Coklat

Cokelat mengandung kafein dan theobromin, yang dapat memicu sfingter esofagus bagian bawah.

Sfingter esofagus bagian bawah adalah otot yang berfungsi untuk menutup kerongkongan setelah makan. Jika otot ini melemah, asam lambung dapat lebih mudah naik ke kerongkongan.

BACA JUGA:Hoaks! Mengkonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

2. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat memicu sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, alkohol juga dapat mengiritasi kerongkongan.

3. Bawang-bawangan

Bawang-bawangan, seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay, mengandung belerang yang dapat mengiritasi kerongkongan.

4. Makanan pedas

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung dan mengiritasi kerongkongan.

5. Buah jeruk

Sumber: