Ratusan Guru PAUD Ikuti Pembinaan Karakter Peserta Didik di Disdikbud Jombang

Ratusan Guru PAUD Ikuti Pembinaan Karakter Peserta Didik di Disdikbud Jombang

Kadisdikbud Jombang Senen--

JOMBANG, MEMORANDUM - Ratusan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Jombang mengikuti pembinaan Karakter Pendidik PAUD di Aula Terbuka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Pattimura, Jombang.

Pembinaan tersebut digelar selama tiga hari, mulai 1-3 November 2023 dengan peserta sebanyak 225 Guru PAUD se-Kabupaten Jombang. Kegiatan tersebut bertujuan agar para Guru PAUD paham terkait kurikulm merdeka.

Kadisdikbud Jombang, Senen menerangkan, bahwa workshop tersebut memang dmulai pada Rabu kemarin lusa hingga hari ini (Jumat, 03/11/2023). Para narasumber menerangkan tentang kurikulum merdeka, karena hingga sekarang ini masih dibutuhkan sesuai kondisi pendidikan saat ini.

"Sehingga karakter peserta didik menjadi prioritas dalam pengembangannya, terutama dalam satuan pendidikan PAUD," terangnya, Jumat (03/11/2023).

Senen menjelaskan, materi-materi yang disampaikan narasumber ini harus diikuti semua. Karena nantinya setelah usai, akan diimbaskan kepada guru-guru yang lain sesuai kecamatan masing-masing.

"Karakter peserta didik memang selalu menjadi prioritas utama," jelasnya.

Karena, Senen memaparkan, terkait mendidik anak harus disesuaikan dengan zamannya. Kemudian, peran bapak dan ibu atau orang tua juga harus mengikuti perkembangan zaman.

"Sehingga di lingkungan pendidikan para peserta didik ini dapat diterima," paparnya.

Senen mengungkapkan, jika anak dibesarkan dengan celaan, ia akan belajar memaki. Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi. Jadi workshop ini dapat memahami karakteristik pembelajaran mengajar zaman sekarang.

"Beserta materi-materi terbaru, agar anak-anak di sekolah tahu mana yang tidak baik dan mana baik," pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam workshop hari terakhir ini, Disdikbud Jombang mendatangkan narasumber dari Penilik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF). Juga Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Jombang. (yus)

Sumber: