Warga Gembong Sawah Temukan Granat saat Gali Tanah untuk Septic Tank

Warga Gembong Sawah Temukan Granat saat Gali Tanah untuk Septic Tank

Kapolsek Simokerto Kompol Moh Irfan dan anggota mendatangi lokasi penemuan granat.--

SURABAYA, MEMORANDUM- Polsek Simokerto dikagetkan dengan laporan dari masyarakat ditemukan nya diduga granat di pemukiman padat penduduk Jalan Gembong Sawah Gang Buntu no 16 Surabaya, Jumat 3 November 2023.

Tak membutuhkan waktu lama Kapolsek Simokerto Kompol Mohammad Irfan  bersama anggotanya mendatangi TKP  diduga granat tersebut.

Sesampainya di lokasi Muhammad Irfan  langsung mengecek granat yang posisi nya diatas tanah dalam rumah yang sedang direnovasi tersebut.

BACA JUGA:Jumat Curhat Bersama Tiga Pilar Sawahan, Polsek Sawahan Beri Imbaun Kamtibmas

Kabar adanya penemuan granat sontak mengundang warga untuk berdatangan,Irfan memerintahan anggotanya untuk memasang police line dan meminta kepada masyarakat agar menjauh dari lokasi ditemukannya granat.

BACA JUGA:Sempat Klaim Hamil, Korban Penyeroyokan Suramadu Akui Belum Dapat Hasil Resmi Dokter

"Demi keamanan serta keselamatan masyarakat agar tidak ada yang mendekati atau memegang granat tersebut dikhawatirkan kondisi granat masih aktif dan bisa meledak," pinta Irfan.

Menurut Irfan granat tersebut ditemukan oleh tukang bangunan yang sedang merenovasi rumah.

"Saat menggali tanah sedalam 1 meter yang rencananya untuk dibuat septic tank inilah granat tersebut ditemukan," paparnya.

"Dan usut punya usut ternyata rumah tersebut sebelum nya ditempati oleh purnawirawan TNI AD," bebernya.

Meskipun kondusi granat sudah usang dan berkarat, Irfan merasa kwatir bilamana granat tersebut masi aktif. Oleh karena itu iapun menghubungi tim jihandak brimob Polda Jatim untuk segera meluncur ke TKP dan segera mengamankan granat tersebut.

"Saat tim jihandak Brimob Polda Jatim tiba dilokasi, langsung memeriksa granat tersebut dan ternyata benar walaupun sudah kondisi usang berkarat tapi masih aktif dan bisa meledak," bebernya.

"Tak lama kemudian granat tersebut dimasukkan ke dalam mobil jihandak Brimob Polda Jatim," pungkasnya.

Seketika masyarakat Gembong Sawah Gang buntu menjadi lega dan tenang setelah proses evakuasi granat yang berjalan aman lancar kondusif.

Sumber: